Tahukan Kamu Buah Bintaro, Jebul Berbahaya Lho!

JogjaUpdate.com (17/05/2019), Bintaro selama ini dikenal sebagai nama daerah di Jakarta Selatan, namun ternyata nama tanaman. Dan tahukah kamu, ada buah Bintaro yang ternyata mematikan?

Bintaro punya nama latin Cerbera manghas yang sering dijadikan tanaman peneduh dan hiasan. Karena punya daun yang lebat dan cukup tinggi.

Baca Juga : Ini Perbedaan Nangka Dan Cempedak

Selain itu juga sering ditanam di sisi jalan karena akarnya yang kuat. Pohon Bintaro juga dapat membantu mencegah erosi ketika musim hujan.

Namun sebenarnya, Bintaro ini adalah tanaman pesisir yang masih kerabat dengan Kamboja. Bintaro dan kamboja sama-sama dari famili Apocynaceae.

Dalam bahasa Inggris, buah Bintaro juga sering disebut SeaMango. Hal ini karena tampilannya yang memang mirip dengan buah mangga.

Buah Bintaro berwarna hijau pucat sangat mudah, dan bakal memerah saat matang. Kulitnya juga mulus dan licin mirip dengan kulit mangga.

Dari dalam, buah ini juga memiliki biji yang terlindungi dengan serat kuat. Bahkan seratnya lebih mirip dengan serat buah kelapa.

Baca Juga : Waduh, 4 Benda Beracun Di Rumah Yang Harus Diperhatikan

Meski terlihat menarik mirip dengan mangga, namun ternyata buah Bintaro ini memiliki racun. Dan ternyata racunnya sangat kuat dan cukup berbahaya.

Seperti selayaknya familia kamboja, Bintaro juga memiliki senyawa cardiac glycoside. Senyawa ini bisa menghambat kerja pompa ion kalsiun pada jantung.

Senyawa ini sering dinamakan Cerberus, dari nama anjing mitologis Yunani Kuno yang menjaga kuil kematian Hades. Serem kan?

Jika dikonsomsi, senyawa ini bisa mengakhibatkan gangguan ritme jantung dan menyebabkan arrythmia atau detak jantung tak teratur yang bisa menghentikan jantung sendiri.

Karena itu, buah Bintaro ini sering dijadikan bahan pembuat racun untuk dioleskan pada anak panah. Bisa juga dimanfaatkan untuk mengusir tikus.

Baca Juga : Jangan Sampai Tertipu, Ini Tips Memilih Mangga Matang Dan Manis

Dipercaya dengan meletakkan buah ini di sudut ruangan bisa membuat tikus menjauh. Namun sayangnya, soal tikus ini belum terbukti secara ilmiah.

Mungkin kamu mau mencoba pakai buah Bintaro untuk mengusir tikus. Namun jangan dipakai ke orang ya!

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like