Ini Perbedaan Nangka Dan Cempedak

JogjaUpdate.com (11/05/18), Banyak yang mengira buah nangka dan cempedak itu sama, hanya beda nama saja. Namun ternyata tidak, keduanya memang serupa tapi tidak sama. Saking miripnya, memang banyak yang susah untuk membedakan kedua buah ini.

Baca: 5 Buah Dan Sayuran Yang Baik Untuk Mata

Berikut ini cara membedakan buah nangka dan cempedak:

Nama

Kedua buah ini sama-sama berada dalam famili Moraceae di genus Artocarpus. Namun memiliki nama latin yang berbeda. Kalau nangka bernama latin Artocarpus heterophyllus, sedangkan cempedak memiliki nama latin Artocarpus integer.

Bentuk buah

Sekilas memiliki bentuk yang sama, namun jika dilihat lebih dekat secara mendetail akan berbeda. Nangka memiliki kulit dengan duri lebih tajam dan bentuknya lonjong beraturan, berwarna hijau. Sedangkan cempedak durinya lebih tumpul dan bentuknya lonjong tidak beraturan, warnanya kuning jika sudah matang.

Pohon

Keduanya memiliki pohon yang cukup mirip, namun sedikit berbeda pada daunnya. Daun pohon nangka lebar dan kasar, juga tidak terdapat bulu halus. Sedangkan daun pohon cempedak sama kasarnya, namun ditumbuhi bulu-bulu halus.

Baca: Jebul Ada Buah Alpukat Tanpa Biji

Daging buah

Saat dibelah, kedua buah ini langsung bisa dibedakan dengan jelas. Daging buah nangka lebih padat berserat dan susah untuk dikeluarkan dari porosnya. Sedangkan cempedak lebih lunak, dan sangat mudah terlepas. Bentuknya juga berbeda, nangka lebih lonjong sedangkan cempedak lebih membulat.

Aroma

Aroma keduanya juga berbeda dan memudahkan untuk membedakan kedua buah ini. Aroma buah nangka sangat khas, lembut dan manis. Berbeda dengan buah cempedak, aromanya sangat kuat dan tajam hingga menusuk. Ada yang menyebut aroma cempedak sekuat durian.

Olahan

Daging buah keduanya bisa dimakan langsung, bisa juga diolah jadi makanan. Daging buah nangka banyak digunakan untuk tambahan makanan dan minuman. Sedangkan cempedak bisa diolah sekulit-kulitnya menjadi makanan seperti Mandai dari Kalimantan. Daging cempedak juga enak digoreng seperti pisang.

Baca: Ilmuwan Jepang Kembangkan Jenis Pisang Baru Yang Bisa Dimakan Sekulit-Kulitnya

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like