Tanda-tanda Browser Terinfeksi Malware

JogjaUpdate.com (20/12/17), Malware adalah sejenis sofware berbahaya yang sering menjangkit komputer maupun perangkat digital lainnya. Tidak hanya komputer, browser internet pun bisa terinfeksi malware. Yang akhirnya akan mengganggu aktivitas kita dalam browsing internet.

Baca: Mengenal Apa Itu Malware, Apa Bedanya Dengan Virus Komputer?

Malware kadang pintar bersembunyi sehingga tidak mudah diketahui, tiba-tiba tanpa sadar sudah menginfeksi perangkat kita. Lalu bagaimana caranya mengetahui apakah browser kita terinfeksi malware? Ini tanda-tandanya:

1. Halaman default browser berganti jadi situs lain

Setiap browser biasanya menampilkan tampilan berbeda sesuai dengan penyedianya. Misalnya Google Chrome akan menjadikan pencarian Google sebagai halaman defaultnya ketika dibuka. Namun ada beberapa malware yang merubahnya untuk membuka halaman situs tertentu ketika browser dibuka.

2. Muncul banyak tab baru 

Sama seperti di point pertama, malware juga bisa membuat browser kamu membuka beberapa tab tanpa kamu perintah. Beberapa tab yang dibuka ini biasanya akan mengakses ke beberapa situs yang tidak ingin kita kunjungi. Bisa juga terjadi ketika kamu mengklik sesuatu di website, akan otomatis membuka sejumlah tab.

3. Loading jadi lemot

Saat browsing internet membuka-buka website, namun loadingnya berjalan sangat lama padahal koneksi internet baik-baik saja, bisa jadi telah terinfeksi malware. Beberapa jenis malware akan memakan banyak proses di komputer maupun browser yang membuatnya jadi lamban.

4. Browser sering crash

Bayak hal yang bisa membuat browser ngadat lalu crash, seperti plugin atau ekstensi yang bermasalah. Namun jika kamu sedang membuka website ringan dan tiba-tiba crash, bisa jadi terinfeksi malware. Website ringan biasanya hanya berukuran 500 kb ke bawah, sehingga bisa diduga crash disebabkan oleh malware atau virus.

5. Muncul iklan tidak beraturan

Beberapa website memang memiliki iklan sebagai pendapatan bagi pengelolanya. Iklan tersebut sudah ditata secara baik sesuai dengan aturannya. Namun ada malware yang diam-diam menyisipkan iklan pada halaman yang kamu buka. Biasanya malware jenis ini disebut dengan AdWare.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like