Waduh, 4 Benda Beracun Di Rumah Yang Harus Diperhatikan

JogjaUpdate.com (14/3/17), Sadarkah kamu kalau ada benda-benda beracun di rumah yang kamu tinggali. Baik diketahui atau tidak, memang banyak benda berbahaya seperti pestisida dan sabun pembersih. Namun masih ada beberapa benda beracun di rumah yang tidak banyak diketahui orang.

Berikut ini ada 4 benda beracun di rumah yang harus kamu perhatikan:

1. Penyegar Udara

Beragam bentuk penyegar udara tersedia dipasaran dari spritzes, semprotan, diffusers, gel hingga plug-in. Benda ini memang mampu menutupi bau dengan beragam aroma dari yang menyegarkan hingga menenangkan. Namun tidak sedikit kasus yang mengungkap kalau penyegar udara ini perlu perhatian khusus.

Berdasarkan rilis Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat, penyegar udara ini mengandung phthalates. Semacam bahan kimia yang terbukti sebagai penyebab kanker, keracunan hati, toksisitas ginjal hingga masalah reproduksi pada hewan percobaan. Belum lagi ada penyegar uadara yang mengandung bahan berbahaya semacam formalin dan senyawa organil volatil (VOC).

2. Vinyl

Bahan Polyvinyl chloride (PVC) atau Vinyl banyak digunakan dalam keseharian, mulai dari mainan, pipa, tikar dan tirai. Selain itu bahan Vinyl ini juga menjadi material untuk interior mobil-mobil baru jaman sekarang. Dan tentu saja, bahan plastik seperti Vinyl ini mempunyai ancaman bahaya bagi kesehatan.

Dalam PVC atau Vinyl ini diketahui terkandung zat berbahaya seperti Karsinogen dan phthalates. Keduanya ini terbukti sebagai salah satu penyebab kanker pada manusia. Selain itu juga dikenal dapat mengganggu perkembangan anak dan menyebabkan kerusakan pada hati, pernafasan pusat dan sistem saraf.

3. Humidifier

Alat penambah kelembaban ke udara ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai mengobati kekeringan dan iritasi kulit, tenggorokan dan bibir, juga dipercaya menangkal flu. Namun sayangnya, jika tidak dirawat dengan baik malah menjadi barang beracun dari waktu ke waktu.

Berdasarkan studi dari Badan Perlindungan Lingukan (EPA) dan Komisi Keamanan Produk Konsumen, menunjukan kalau humidifier yang kotor dapat menyebarkan mikroorganisme dan mineral ke udara. Hal ini dapat menjadi menyebabkan masalah pada kesehatan, terutama bagi penderita asma dan alergi. Untuk itu humidifier ini harus mendapatkan perawatan dan pembersihan berkala.

4. Philodendrons

Tanaman ini dikenal sebagai penghias halaman rumah, karena daunnya yang lebar dan hijau mampu membuat suasana segar. Namun ternyata Philodendrons ini termasuk dalam tanaman beracun yang berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan. Menelan tanaman hias ini bisa membuat bengkak dan melepuh pada bibir, lidah dan tenggorokan. Bisa juga menyebabkan iritasi kulit dan iritasi mata.

Menurut National Library of Medicine, bahan beracun di Philodendrons adalah kalsium oksalat, suatu senyawa kimia yang membentuk kristal seperti amplop, yang dikenal pada tanaman sebagai raphides. Senyawa ini juga ditemukan di Peace Lilies, Calla Lilies dan Elephant Ear, antara tanaman hias umum lainnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like