Ini 7 Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan

JogjaUpdate.com (16/5/17), Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menganjurkan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Bukan hanya untuk membantu para nelayan Indonesia, namun ikan juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Dan berikut ini ada 7 manfaat makan ikan bagi kesehatan.

1. Mencagah Penyakit Jantung

Menurut penilitian, orang yang mengonsumsi ikan lebih sedikit akan mengalami resiko penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan orang yang mengonsumsi banyak ikan. Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi ikan paling sedikit satu kali dalam seminggu.

Dalam ikan juga mengandung banyak kandungan dan gizi yang baik bagi tubuh. Seperti kandungan Omega 3 yang mampu menurunkan tingkat lemak dalam darah. Juga bisa untuk menurunkan kolesterol sehingga peredaran darah lebih lancar sehingga mengurangi resiko serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

2. Membantu Pembentukan Otak

Ikan juga bermanfaat untuk membantu proses pembentukan otak. Hal ini juga karena kandungan Omega 3 dalam Ikan. Omega 3 ini adalah salah satu zat yang dibutuhkan dalam proses pembentukan otak. Karena itulah ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi ikan yang kaya akan Omega 3.

Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan Omega 3 dalam ikan bisa membantu penyembuhan bagi penderita ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Dalam sebuah penelitian, penderita ADHD diberikan Omega 3 dan minyak ikan secara rutin menunjukan terjadinya perbaikan.

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Dalam ikan terdapat kandungan gizi seperti protein, asam lemak Omega 3 dan mineral. Kandungan-kandungan inilah yang banyak dibutuhkan otak untuk meningkat kinerjanya. Kalau kamu ingin otak yang cerdas dan daya ingat bagus, jangan malas untuk makan ikan.

4. Menyehatkan Kulit dan Rambut

kandungan asam lemak Omega 3 yang banyak terkandung dalam ikan baik bagi kesehatan. Dalam sebuah penelitian menunjukan hasil kalau asam lemak Omega 3 mampu memperbaiki kondisi kulit pada penderita psoriasis. Selain itu juga bisa mengatasi kulit kering dan rambut kusam karena diet lemak.

5. Menyehatkan Tulang

Ikan merupakan salah satu sumber vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Vitamin D ini dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Ikan bisa menjadi sumber vitamin D yang baik bagi orang yang tidak menyukai susu atau berjemur di bawah matahari pagi.

6. Mencegah Depresi Pasca Melahirkan

Wanita yang habis melahirkan sering mengalami depresi dan stress, karena faktor psikologis. Biasanya dokter mengatasinya dengan memberikan obat tenang, namun bisa diatasi dengan konsumsi ikan. Salah satu jenis asam lemak omega 3 yaitu DHA akan membantu mencegah depresi pasca melahirkan.

7. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit Kardiovaskular adalah pernyakit yang terjadi karena penymbatan pembuluh darah arteri. Biasanya penyumbatan ini terjadi karena adanya penggumpalan darah atau tumpukan lemak darah seperti kolesterol. Jika terjadi gangguan Kardiovaskular ini bisa menyebabkan gangguan serius lainnya seperti stroke.

Seperti diketahui, ikan mengandung banyak asam lemak sehat semperti Omega 3. Kandungan asam lemak sehat ini akan meminimalisir tumpukan lemak darah. Dengan mengkonsumsi ikan yang memiliki kandungan asam lemak sehat secara rutin, akan sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like