Apakah Bangun Pagi Bisa Tingkatkan Produktivitas?

JogjaUpdate.com (18/5/17), Banyak orang menyarankan untuk bangun pagi agar bisa meningkatkan produktivitas. Apakah benar kalau kita bangung lebih pagi bisa berdampak pada peningkatan produktivitas sehari-hari? Ternyata menurut ilmuwan, anggapan ini tidak selamanya benar lho.

Menurut Jon Levy, seorang ilmuwan perilaku dan penulis ternyata tidak seperti ini. Seperti yang dirilis mydomaine.com, Jon mengatakan kalau bangun jam 5 pagi justru tidak memberikan dampak peningkatan produktivitas seseorang. Ia mengutip pernyataan dari Russell Foster, seorang ahli saraf yang mengatakan bahwa tidak ada penelitian yang membuktikan bangun pagi membuat lebih produktif.

Sebaliknya, banyak penelitian yang mengungkap kalau kurang tidur bisa mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Seperti situs Gallup mengadakan sebuah jajak pendapat mengenai jam tidur. Yang hasilnya mengungkap kalau waktu tidur mempengaruhi kesehatan, dan menjadi faktor kebahagiaan seseorang.

Kondisi biologis seseorang ternyata mempengaruhi masa-masa paling produktif. Apalagi yang tidak terbiasa dengan bagung pagi dipaksa untuk melakukannya. Selain itu, kurang tidur juga bisa membuat seseorang lebih mudah terseinggung, kurang fungsional, dan kurang produktif.

Jadi mau seberapa pagi bangunnya, tidak memberikan pengaruh besar pada produktifitasnya. Kecuali jika kamu memang sudah terbiasa dan sehari-harinya bangun pagi. Kualitas dan waktu tidur yang cukup lebih meningkatkan produktivitas kamu. Aturlah alarm untuk bangun di waktu pada tubuh kamu siap menjalani aktivitas.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like