Jangan Sampai Tertipu, Ini Tips Memilih Mangga Matang dan Manis

JogjaUpdate.com (30/09/2018), Mangga buah yang banyak diminati setelah durian karena mudah ditemukan dan murah. Kamu pasti juga suka, kan? Apalagi mangga matang dan manis.

Atau kamu memang penggemar mangga muda yang lebih asam? Yakin suka yang muda atau malah salah beli? Dikira matang ternyata masam?

Baca Juga: 3 Cara Mudah Mengatasi Mual Karena Durian

Atau tertipu, memang mangganya sudah matang tapi bukan matang di pohon. Melainkan matang karbitan yang membuatnya tidak begitu manis.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips memilih mangga matang dan manis.

Bentuk

Bentuk mangga matang di pohon bentuknya bulat penuh atau membulat. Mangga yang masih muda berbentuk lebih gepeng. Tapi tergantung jenis mangganya juga.

Aroma

Mangga yang matang penuh dan manis, punya aroma harum khas. Coba pegang dan cium-cium aromanya. Mangga yang tidak matang di pohon aroma manisnya tidak pekat.

Kulit Buah

Soal warna, tergantung jenis mangganya. Ada mangga manis yang kulit buahnya hijau, ada pula yang kurang matang tapi sudah kuning.

Mangga matang di pohon yang manis punya kulit yang lebih tipis. Aroma yang manis juga keluar dari kulit mangga yang matang saat dikupas.

Baca Juga: Jebul Buah Ciplukan Punya Banyak Manfaat, Pantes Mahal

Batang Buah

Mangga yang matang di pohon bakal sedikit mengeluarkan getah. Selain itu, pada batang buah mangga ini juga ada lubang di batangnya.

Kalau mangga yang belum matang atau matang karbitan di batangnya ada bekas getah. Selain itu juga nampak datar seperti potongan digunting.

Tekstur Daging Buah

Setelah dikupas, kita bisa lihat dari tekstur buahnya. Mangga yang matang dan manis punya tekstur yang cukup berserat. Bijinya pun punya serabut yang lebih banyak.

Mangga muda dagingnya lebih solid tidak banyak serat. Termasuk di biji buahnya juga tidak punya banyak serat.

Baca Juga: 5 Buah Dan Sayuran Yang Baik Untuk Mata

Itulah tips memilih mangga matang dan manis. Semoga bermanfaat dan tidak tidak tertipu lagi.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like