Ketika Asam Lambung Kumat, Hindari 5 Makanan Ini

JogjaUpdate.com (30/11/17), Gangguan asam lambung tidak bisa dianggap remeh, karena bisa berakibat fatal. Ketika masalah gangguan asam lambung kumat, haruslah memperhatikan makanan dan minuman apa yang dikonsumsi. Salah konsumsi akan membuat kondisi semakin buruk.

Menurut Boldsky (29/11/17), berikut ini ada 5 makanan yang harus dihindari ketika asam lambung kumat:

1. Makanan olahan dan kemasan

Makanan olahan seperti keripik, kerupuk, dan sereal mengandung garam dengan jumlah yang tinggi. Sebuah survei di Swedia membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan dengan sodium dalam jumlah tinggi dalam makanan olahan dan kemasan, membuat orang mudah terkena gangguan asam lambung.

2. Susu

Susu dan produk olahannya mengandung lemak tinggi yang dapat menyebabkan asam lambung. Namun tidak setiap orang yang mengalami gangguan asam lambung memiliki reaksi negatif terhadap susu. Meski penting mengkonsumsi lemak, namun tetap harus memikirkan keasaman perut.

3. Telur

Telur memang bagus untuk kesehatan, namun jika asam lambung kumat sebaiknya hindari kuning telur karena mengandung lemak yang tinggi. Sedangkan putih telur masih tetap aman untuk dikonsumsi, karena mengandung lemak dalam jumlah yang relatif lebih rendah.

4. Minuman berkafein

Pastinya yang harus dihindari adalah minuman berkafein seperti kopi. Karena kandungan kafein yang tinggi dalam kopi cenderung bisa meningkantan kadar asam lambung. Tidak hanya kopi, beberapa minuman lain seperti minuman energi dan suda kemasan juga memiliki kandungan kafein yang tidak sedikit.

5. Gula buatan

Gula buatan atau pemanis buatan menyebabkan peredangan dalam banyak kasus dan dapat menyebabkan makan berlebihan, makan cepat dan penambahan berat badan. Selain itu, yang parah adalah membuat asam lambung meningkat.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like