Dari Hasil Penelitian, Jebul Merokok Bisa Menyebabkan Tuli

JogjaUpdate.com (17/03/18), Merokok dapat memberikan berbagai buruk bagi kesehatan, dari gangguan pernapasan, kanker hingga kematian. Dan menurut penelitian terbaru, merokok bisa menyebabkan gangguan pendengaran hinga tuli.

Baca: Jebul Perokok Juga Beresiko Alami Kebutaan

Menurut yang dimuat Tech Times (15/03/18), sebuah penelitian di Jepang menemukan adanya hubungan merokok dengan gangguan pendengaran. Disebutkan, merokok bisa menyebabkan gangguan pendengaran hingga tuli. Untungnya, dengan berhenti merokok bisa benar-benar menghilangkan risiko terkena gangguan pendengaran.

Penelitian ini mengumpulkan data dari 50 ribu pekerja dengan usia sekitar 20 hingga 64 tahun. Semua partisipan memiliki pendengaran normal. Namun setelah diteliti selama 8 tahun, 5.100 orang mengalami tanda-tanda gangguan pendengaran.

Studi yang dipimpin Huanhuan Hu ini menyebutkan, paparan nikotin dapat berbahaya bagi telinga. Semakin banyak rokok yang mereka konsumsi setiap harinya meningkatkan risiko gangguan ini. “Risiko ini semakin meningkat, tergantung dari jumlah rokok yang mereka hisap,” kata Huanhuan Hiu.

Baca: Bahaya Merokok Sambil Berkendara

Orang yang merokok hingga 10 batang per hari, 40% lebih renta terkena gangguan pendengaran. Sementara, 10% diantaranya mengalami gangguan pendengaran ringan. Yang merokok 11 hingga 20 batang per hari memiliki risiko sebesar 60%. Sedangkan yang lebih dari 20 batang per hari risikonya mencapai 70%.

Tidak hanya gangguan pendengaran, mereka yang merokok ternyata juga memiliki risiko mengalami kelebihan berat badan dan diabetes. Namun uniknya, para perokok cenderung mendapatkan pekerjaan di lingkungan yang tingkat kebisingannya tinggi.

Baca: Ini 3 Makanan Yang Bisa Membantu Berhenti Merokok

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like