Ini 9 Tempat Berburu Buku di Jogja

JogjaUpdate.com (07/05/18), Sebagai Kota Pelajar, Jogja memiliki iklim belajar yang cukup kental. Karena itulah banyak toko buku bertebaran di Jogja. Bukan hanya para mahasiswa dan pelajar yang berburu buku di Jogja, namun juga para kolektor dan penggemar buku.

Baca: Istilah Khas Jogja Yang Sering Bikin Bingung Wisatawan

Berikut ini ada 9 tempat berburu buku di Jogja:

1. Shopping Center

Sekarang disebut dengan nama Taman Pintar Book Store, namun dahulu lebih dikenal dengan nama Shopping Center. Lokasinya memang berada di sebalah Taman Pintar, ada sekitar 124 kios buku di tempat ini. Shopping Center memang legendaris sejak dulu sebagai tempat berburu buku di Jogja.

Banyak buku bekas dan baru ada di tempat ini, dan kamu masih bisa menawar harganya. Lokasinya berada di Kompleks Taman Pintar, Jalan Sriwedari No.1, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta. Atau tepatnya ada di sebelah Timur Taman Pinter dekat dengan tempat parkir.

2. Kios Buku Terban

Jika Shopping Center berada di satu bangunan, Kios Buku Terban ada di pinggiran jalan. Sama seperti di Shopping Center, di tempat ini kamu juga masih bisa menawar harganya. Jika tidak cocok dengan satu penjual, kamu bisa coba bergeser ke kios sebelahnya.

Rata-rata yang dijual di sini adalah buku pelajaran SMA. Namun tetap bisa menemukan beberapa Novel dan buku langka di tempat ini. Lokasinya ada di Jl. Kahar Muzakir, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Tidak sedikit dari luar Jogja yang berburu buku ke Terban.

3. Toko Buku Toga Mas

Toko Buku Toga Mas sudah menjadi sahabat bagi para mahasiswa untuk mencari buku dengan harga miring. Koleksinya memang lebih banyak buku-buku materi kuliah, namun kamu tetap bisa menemukan novel dan beragam buku lainnya.

Lokasi Toko Buku Toga Mas berada di Jalan Affandi No.5, Condongcatur, Sleman. Toko buku ini memang terkesan modern, dengan adanya bantuan mesin pencari. Selain itu, kamu bisa belanja secara online juga melalui situs mereka di togamas.com.

Baca: Tahukah Kamu, Ada Lima Plengkung Kraton Jogja

4. Toko Buku Social Agency

Salah satu pesaing dari Toga Mas adalah Toko Buku Social Agency. Keduanya sama-sama memiliki koleksi buku yang lengkap dan rajin memberikan diskon. Bedanya, Social Agency lebih banyak menyajikan buku-buku sekolah dari SD hingga SMA.

Toko Buku Social Agency juga lebih mudah ditemui, karena berada di beberapa tempat. Ada di  Jl. Affandi No.5, Condongcatur, ada juga di Jl. Suroto No.8, Kotabaru. Kamu juga bisa menemukan toko buku ini di Galleria Mall.

5. Toko Buku Raja Murah

Seperti namanya, Toko Buku Raja Murah memang menawarkan buku dengan harga miring di Jogja. Toko buku ini juga salah satu pemain lama yang masih bertahan hingga kini. Tidak heran, Raja Murah memiliki penggemar sendiri yang setia membeli buku di tempat ini.

Koleksi toko buku ini juga banyak dan beragam. Lokasi Toko Buku Raja Murah ini berada di Jalan Affandi No.43, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

6. Toko Buku Menara Kudus

Pemain lama lainnya di Jogja adalah Toko Buku Menara Kudus. Terlihat dari bangunan toko yang jadul, isi dari toko buku ini juga banyak buku lama. Harga yang di tawarkan Toko Buku Menara Kudus ini juga cukup miring dan bisa bersaing dengan toko buku lainnya.

Lokasi dari Toko Buku Menara Kudus ini ada di Jalan Ibu Ruswo No.51, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Baca: Mau Belajar Macapat Gratis? Bisa Ke Sekolah Ini

7. The Lucky Boomerang Bookshop

Mungkin belum banyak yang mengenal nama toko buku yang satu ini. Namun bagi penggemar buku impor yang berbahasa asing, The Lucky Boomerang Bookshop ini wajib kamu kunjungi. Di tempat ini kamu bisa menemukan buku dalam bahasa Jepang, Belanda, Perancis, atau bahasa yang belum kamu ketahui.

Lokasi The Lucky Boomerang Bookshop ini tidak jauh dari Malioboro, tepatnya di Jl. Sosrowijayan No.1, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Kamu tinggal parkir saja di kompleks parkir Abu Bakar Ali lalu jalan kaki ke toko buku ini.

8. Periplus

Jika kamu mencari buku impor berbahasa asing, Periplus adalah tempat yang tepat. Periplus merupakan ritel toko buku modern yang ada di beberapa kota, termasuk Jogja. Tempat ini memiliki koleksi buku beragam dari macam-macan genre dan kategori.

Periplus di Jogja berada di beberapa tempat, yang pertama ada di ruang tunggu Bandara Adi Sutjipto. Kamu juga bisa menemukan di Hartono Mall dan Malioboro Mall.

9. Gramedia

Siapa yang belum tahu Toko Buku Gramedia yang memiliki jaringan luas di berbagai kota di Indonesia, termasuk Jogja. Sudah tidak diragukan lagi, Gramedia memiliki koleksi yang banyak dari buku penerbit lokal, terjemahan, hingga impor.

Toko Buku Gramedia berada di  Jl. Jend. Sudirman No.54-56, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Saking terkenalnya, persimpangan jalan depan toko ini dinamakan perempatan Gramedia. Selain itu, kamu juga bisa menemukan Gramedia di beberapa mall di Jogja.

Baca: 4 Oleh-Oleh Anti Mainstream Dari Jogja

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like