Liburan Ke Jogja? Ini 7 Kuliner yang Harus Dicoba Selain Gudeg

JogjaUpdate.com (21/09/18) Kuliner di Jogja bukan cuma Gudeg, masih banyak yang lain. Jika kamu liburan ke Jogja dan ingin mencoba macam-macam kuliner, jangan cuma coba Gudeg.

Memang Gudeg adalah makanan ikonik di Jogja, namun masih banyak harta karun kuliner lainnya. Dari daging-dagingan hingga mie ada.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Mie Ayam Di Jogja Yang Paling TOP

Berikut ini rekomendasi 7 kuliner yang harus dicoba saat liburan ke Jogja.

Rujak Es Krim Pak Nardi

Siang hari yang terik pastinya butuh sesuatu yang seger-seger. Cobalah Rujak Es Krim Pak Nardi, atau kadang disebut Rujak Es Krim Pakualaman.

Lokasinya memang dekat dengan Pura Pakualaman, tepatnya di Jl. Harjowinatan No.2, Purwokinanti, Pakualaman. Atau sebelah Barat Puro Pakualaman.

Sate Klatak Mak Adi

Jika banyak yang mencari Sate Klatak yang ada di film terkenal, kami merekomendasikan yang lain. Yaitu ada Sate Klatek Mak Adi.

Di Sate Klatak Mak Adi ini ada harta karun terpendam yang belum banyak diketahui orang. Yaitu Krenyos, atau Sandung lamur yang digoreng.

Lokasi Sate Klatak Mak Adi ada di Jalan Imogiri Timur Km 9 Jejeran. Kiri jalan setelah Pom Bensin, bukan seberang Pom Bensin.

Warung Bakmi Jawa Pak Jono

View this post on Instagram

Bakmie pak Jono, ndalem, #kotagede #jogja #romlitografi

A post shared by Muhammad Romli (@muhammad.romli.92) on

Bakmi Jawa terenak seantero Jogja cuma di Bakmi Pak Jono. Boleh ditandingkan dengan Bakmi Jawa lainnya. Memang tidak terkenal dan tempatnya tidak instagramable, tapi Pak Jono tetap nomor 1.

Bakmi Pak Jono juga jadi tempat menguji kesabaranmu, karena masaknya satu-satu. Dan yang masak harus Pak Jono sendiri.

Lokasinya ada di Jl. Masjid Besar No.905, Purbayan, Kotagede. Dari Pasar Kotagede menuju Selatan, Watu Gatheng masih ke Selatan sedikit.

Mie Ayam Grabyas RED DOOR

Buat yang kelaparan tengah malam tapi tidak mau nasi, ada Mie Ayam Grabya RED DOOR. Mie Ayam ini buka tengah malam dan siap mengisi perutmu.

Lokasinya ada di Jl. Malioboro No.60 atau tepatnya ada di depan Hotel Inna Garuda. Selain Mie Ayam, jangan lupa pesan Es Jenifer.

Mie Ayam Tumini

Buat penggemar Mie Ayam njawani, alias Mie Ayam ndeso yang cenderung manis, harus coba Mie Ayam Tumini. Inilah Mie Ayam paling populer di Jogja.

Lokasinya ada di Jl. Imogiri Timur No.187, Giwangan. Atau lebih tepatnya di sebelah Utara pintu Terminal Giwangan sebelah Timur jalan.

Mie Ayam Pak Pendek

Buat yang tidak gemar Mie Ayam manis, ada Mie Ayam Pak pendek yang masih njawani tapi tidak terlalu manis. Dan pangsit gorengnya dapat banyak.

Ada dua warung Mie Ayam Pak Pendek. Yang pertama ada di Gang Kartika III, Banguntapan. Tepatnya jembatan Kebun Binatang Gembira Loka ke Timur, setelah halte trans Jogja masuk ke Utara. Nanti ada ada di Timur Jalan tidak jauh dari mulut gang.

Warung kedua ada di Perempatan Rejowinangun Gedungkuning, tepat di pojokan Selatan Timur perempatan. Atau Selatan PLN Gedungkuning.

Baca Juga: Njajal Mie Ayam Pak Pendek Timur Bonbin, Yang Jual Tinggi

Mie Ayam Goreng Mekaton

View this post on Instagram

Demi kejayaan nusantara #yahmau #food #foodgasm

A post shared by bravo hitam (@bravohitam) on

Waung Mie Ayam ini sebagai salah satu yang mempopulerkan Mie Ayam Goreng. Mungkin Mie Ayam Goreng Mekaton ini yang paling populer dari varian Mie Ayam yang tidak pakai kuah.

Mie Ayam ini sangat laris manis, buka jam 09.00 WIB sampai habis. Biasanya habis tidak sampai sore, sekitar jam makan siang sudah sering habis.

Lokasinya ada di Jl. Kebon Agung, Sowokaton, Margokaton, Seyegan, Sleman. Dari Puskesmas Sayegan masih ke Timur, dekat dengan pasar Srikaton.

Itulah tadi 7 rekomendasi kuliner di Jogja selain Gudeg. Kenapa banyak Mie Ayam? Karena kata warganet Twitter, Jogja terbuat dari rindu dan Mie Ayam.

Baca Juga: Rekomendasi Mie Ayam Di Jogja Dari Warganet

Semoga kalau liburan ke Jogja kamu bisa mencoba semuanya ya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like