5 Keuntungan Mahasiswa Ikut Program Magang

JogjaUpdate.com ~ Buat yang masih kuliah, apakah di kampus kamu ada kerja prakterk atau program magang di perusahaan? Jika ada, alangkah baiknya kamu ambil program tersebut.

Beberapa kampus tidak mewajibkan mahasiswanya untuk magang di perusahaan, atau memberikan pilihan magang atau program lain sebagai pengganti lainnya.

Baca Juga: Ini 2 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Wawancara Kerja

Kenapa jika ada program magang harus diambil? Memang masuk dalam perusahaan sebagai anak magang itu berat. Mana kebanyakan tidak dibayar, hanya dikasih penilaian. Tapi banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Apa saja keuntungan ikut program magang di perusahaan saat kuliah? Simak berikut ini.

1. Pengalaman

Magang di perusahaan akan menjadi pengalaman yang berbeda dibanding belajar di kampus. Kamu akan tahu seperti apa dunia kerja yang belum pernah terbayangkan saat ini.

Kamu akan merasakan sebagai bagian dari perusahaan. Merasakan bagaimana jadi bawahan yang disuruh-suruh. Hingga merasakan lingkungan baru yang belum pernah kamu masuki.

2. Test kemampuan

Di dalam perusahaan, kamu akan dituntut mengerjakan pekerjaan. Inilah saatnya kamu test kemampuan, apakah ilmu yang kamu dapatkan selama ini bisa diterapkan.

Magang juga bisa jadi ajang unjuk bakat yang kamu punya. Siapa tahu perusahaan berminat untuk merekrut kamu. Jadi tidak susah-susah cari pekerjaan saat lulus nanti.

Baca Juga: Luar Biasa, Ada Skripsi Tulis Tangan Setebal 170 Halaman

3. Bekal setelah kuliah

Saat mengikuti program magang, kamu tahu lebih banyak soal perusahaan. Seperti apa budaya kerja, lingkungan, hingga tekanan yang diterima. Inilah yang tidak akan kamu dapatkan jika cuma berkutat di kampus saja.

Inilah yang menambah bekal kamu setelah lulus kuliah nanti. Kamu sudah lebih siap untuk masuk dunia kerja. Termasuk jika kamu ingin membangun usaha sendiri, tahu seperti apa rasanya jadi karyawan walau cuma magang.

4. Menambah relasi

Relasi adalah salah satu hal penting dalam pengembangan diri kamu. Kamu bisa mendapatkan relasi dari para pekerja di tempat magang, maupun relasi sesama anak magang dari kampus lain.

Dari masing-masing orang inilah kamu bisa belajar banyak hal. Berbagi ilmu dan informasi yang bisa jadi bekal. Bisa juga nantinya jadi saling berbagi peluang.

5. Point tambahan CV

Curriculum Vitae atau CV sangat diperhatikan oleh perusahaan untuk merekrut karyawan. Pengalaman ikut program magang di sebuah perusahaan bisa kamu tambahkan.

Walau cuma magang beberapa bulan, kamu dianggap lebih tahu dunia kerja di banding yang tidak sama sekali. Pengalaman ini akan lebih dipertimbangkan dibanding nilai.

Baca juga: Jangan Sepelekan 5 Hal Ini Saat Kuliah

Itulah 5 keuntungan bagi mahasiswa untuk ikut program magang selama kuliah.

(010918)

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like