10 Tempat Wisata Di Magelang Selain Borobudur

JogjaUpdate.com (27/2/17), Setelah film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) dirilis, Magelang pung langsung ikut terekspos bersama dengan Jogja. Banyak orang yang akhirnya mengetahui banyak tempat wisata di Magelang selain Candi Borobudur. Dan berikut ini kami kumpulkan 10 tempat wisata di Magelang yang harus kamu kunjungi

1. Gereja Ayam

Bangunan kuno yang terbengkalai dan tidak terawat dengan baik ini menjadi terkenal karena Film AADC 2. Kini menjadi tempat laris di kunjungi wisatawan yang hendak merasakan kemesraan Cinta dan Rangga. Walau namanya Gereja Ayam, namun ternyata bentuk fisik bangunannya ini lebih mirip dengan merpati.

Kamu bisa menaiki bagunan ini hingga ke puncak di Mahkotanya. Di sini kamu bisa menikmati keindahan pemandangan dari atas. Lokasi Gereja Ayam ini berada di Bukit Rhema, Dusun Gombong, Desa Kembang Limus, Kecamatan Borobudur. Atau sekitar 2,5 Km sebelah Barat Candi Borobudur.

Napak tilas Aadc……

A post shared by Rina Mailangkay (@rinaberlianita) on

 

2. Punthuk Setumbu

Salah satu cara terbaik menikmati kemegahan Candi Borobudur adalah dari jarak jauh. Dan salah satu tempat terbaik adalah Bukit Setumbu, yang terkenal akan spot Sunrise menawannya. Di bukit ini, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit dengan pesona kemegahan Candi Borobudur.

Punthuk Setumbu ini terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur atau tidak jauh sebelah Barat Gereja Ayam dan Candi Borobudur. Datanglah pagi-pagi, sepagi mungkin karena pemandangan terbaiknya saat sunrise. Dan biasanya dipadati para wisatawan yang ingin menikmati keindahan matahari terbit khas Punthuk Setumbu.

 

3. Hutan Pinus Grenden

Bukan cuma Jogja yang memiliki pesona Hutan Pinus, karena Magelang juga punya dan tidak kalah menarik. Ada Hutan Pinus Grenden yang menawarkan keasrian dan kesejukan khas hutan pinus. Tempat ini menjadi tempat favorit para muda-mudi Magelang untuk memadu kasih. Selain itu ada pula Gardu Pandang Grenden yang menawarkan pemandangan perbukitan hijau nan cantik.

Untuk Hutan Pinus Grenden ini berlokasi di Dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis. Tiket masuk Rp 5.000 per orang dan sudah termasuk dengan parkir.

Ya Allah kapan nie bocah peka?,? #hutanpinusgrenden #bolang#_kamuب #hijabtravellers

A post shared by LilYk Oei (@lilikwahyanti) on

 

4. Hutan Pinus Kragilan

Selain Hutan Pinus Greden, di Magelang masih ada Hutan Pinus Kragilan. Hutan pinus ini juga dikenal dengan nama Top Selfie Pinusan Kragilan. Selain keindahan hutan pinus, tempat ini juga miliki sesau yang khas. Yaitu jalan lurus yang membelah dua Hutan Pinus Kragilan ini. Makanya menjadi tempat yang laris untu foto-foto dan ber-selfie ria.

Untuk hutan pinus yang satu ini tidak berada di pinggir jalan raya, sehingga keaslian dan kealamiannya terjaga dengan baik. Hutan Pinus Kragilan ini berlokasikan di Kaponan, Kecamatan Pakis, Magelang.

 

5. Ketep Pass

Ketep Pass ini merupakan Gardu Pandang yang memiliki pemandangan indah. Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan dari Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sekaligus. Selain itu juga juta terdapat Vulcano Theater atau bioskop mini yang memutar dokumenter gunung api. Selain itu, fasilitas yang ada di obyek wisata gardu pandang ketep pass ini sudah cukup komplit, seperti teropong dan lain-lain.

Untuk menuju Ketep Pass ini cukup mudah, sudah ada jalur Jalan Ketep Pass dari Magelang yang lengkap dengan papan petunjuk jalannya. Untuk lokasi tepatnya ada di Jl. Ketep, Ketep, Sawangan, Magelang.

Throw ?mulu ?

A post shared by ipiit ? (@fitriipiit_) on

 

6. Air Terjun Kedung Kayang

Berada di ketinggian 950 dari permukaan lait, Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menyejukkan. Air Terjun Kedung Kayang ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan arus air yang deras dan dingin.

Lokasi air terjun ini tidak jauh dari Ketep Pass, atau tepatnya ada di Jalan Ketep Pass, Wonolelo, Sawangan. Air Terjun Kedung kayang ini juga berad di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu juga di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali.

 

7. Air Terjun Seloprojo

Sama halnya dengan air terjun lain, Air Terjun Seloprojo ini berada di tengah hutan. Air Terjun ini menawarkan keindahan alam dengan air yang jernih dan bersih. Aliran air terjun ini berasal dari puncak Gunung Termoyo. Dengan keindahan alam yang asri, tempat ini menjadi lokasi untuk pemotretan.

Air Terjun ini juga disebut sebagai Air Terjun Sumuran namun karena lokasinya di daerah Seloprojo, akhirnya sering disebut Air Terjun Seloprojo. Lokasinya ada di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Magelang.

 

8. Air Terjun Sekar Langit

Selain Kedung Kayang dan Seloprojo, Air Terjun Sekar Langit ini juga cukup tenama di Magelang. Dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter, Air Terjun Sekar Langit ini juga menawarkan aliran air yang jernih dan segar. Suasana sekitar pun masih asri, dengan kehijauan pepohonan yang menyejukan.

Jalur menuju lokasinya cukup menantang, apalagi di wilayah yang cukup tinggi dan pelosok. Berlokasikan di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Magelang tidak jauh dari Makam Sunan Geseng.

 

9. Kedung Sembrani

Nama Kedung Sembrani memang belum sepopuler air terjun lainnya di Kabupaten Magelang. Kolam kecil dengan grojokan kecil juga, namun menyimpan keindahan tersendiri. Berada di tengah hutan dan aliran air yang jernih membuat suasana asri nan menyejukan. Keindahan alam sekitar pun menunjang suasana asri di Kedung Sembrani ini.

Dinamakan Kedung Sembrani karena bentuknya yang mirip dengan telapak kaki kuda. Kedung Sembrani ini berlokasikan di Dusun Grogol, Desa Munengwarangan, Kecamatan Pakis, Magelang.

 

10. Air Terjun Curug Silawe

Air terjun ini juga kalah ternama dibanding tempat wisata alam lainnya di Magelang. Namun jangan salah, Air Terjun Curug Silawe ini juga memiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik. Ketinggian air terjunnya sendiri sekitar 50 meter, dengan aliran air yang jernih dan dingin. Selain itu pemandangan di sekitarnya pun masih asri yang menyejukan.

Air terjun ini lokasinya cukup jauh dari pusat kota Magelang, namun layak untuk dikunjungi. Lokasi Air Terjun Curug Silawe ini berada di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Magelang.

 

Kota Magelang

Kalau tidak punya banyak waktu untuk menjelajahi wisata alam di Magelang, kamu juga bisa ke wilayah Kota Magelang. Di pusat kota, kamu bisa menemukan alun-alun Kota Magelang tempat bersantai bersama keluarga. Ada pula Taman Kyai Langgeng yang sudah tersohor sebagai tempat wisata dengan beragam wahana dan tempat renangnya.

Alun alun kota magelang . . #kotamagelang #magelang #alunalun

A post shared by putri_rahayu08 (@putri_rahayu0801) on

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like