Rekomendasi 9 Nasi Goreng di Jogja

JogjaUpdate.com (3/05/18), Menu yang paling umum ditemukan di berbagai daerah adalah nasi goreng. Setiap daerah, setiap rumah makan, bahkan setiap rumah tangga punya resep nasi goreng sendiri. Bagaimana denga nasi goreng di Jogja?

Baca: Rekomendasi 10 Mie Ayam Di Jogja Yang Paling TOP

Berikut ini 9 rekomendasi nasi goreng di Jogja yang jaminan mutu:

1. Nasi Goreng Sapi Padmanaba

Diberikan nama Padmanaba karena lokasinya yang berada di depan SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pastinya buka di malam hari setelah tidak ada kegiatan belajar mengajar di sekolahan. Biasanya buka dari pukul 06.00 WIB hingga tengah malam.

Seperti namanya, Nasi Goreng Sapi Padmanaba ini andalannya adalah nasi goreng sapi. Kamu bisa memilih porsinya, dari biasanya hingga jumbo. Untuk rasa, ya ramainya pelanggan dan panjangnya antrian bisa jadi jaminan kelezatannya.

Nasi Goreng Sapi @Kotabaru, Jogjakarta

A post shared by F3l!X (@felixclick15) on

 

2. Nasi Goreng 212

Buat yang mencari nasi goreng dengan beberapa tingkatan level kepedesan, ada Nasi Goreng 212. Lokasinya ada di Jl Selokan Mataram, tepatnya dari perempatan OB ke Timur sekitar 500 meter. Buka dari pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Di Nasi Goreng 212 ini ada banyak pilihan seperti komplit, sosis, bakso, ikan asin, nanas, spesial 212, Kapak Merah, dan masih banyak lainnya. Namun yang paling diunggulkan di tempat ini adalah Nasi Goreng Setan Rambut Merah dengan beragam level kepedasan.

 

3. Nasi Goreng Bu Ita

Sebenarnya tempat ini adalah warung makan dengan menu Chinese food, tapi ada nasi gorengnya. Malahan nasi gorengnya jadi pilihan banyak orang, apalagi punya banyak variasi. Dari nasi goreng jamur, ikan asin, ayam panir, udang panir, teri medan, kornet, dan banyak lainnya.

Lokasinya ada di Jl. Pandega Marta No.532 D, Pogung Lor, Sinduadi, Mlati. Biasanya buka setiap hari dari pukul 04.00 WIB hingga tengah malam. Nasi Goreng Bu Ita terkenal di kalangan mahasiswa, karena banyaknya variasi dan harga yang bersahabat.

 

4. Nasi Goreng Kambing Pak Beni

Buat yang mencari nasi goreng kambing, salah satunya ada Pak Beni. Lokasinya di Jl. Affandi No.33, Soropadan, Condongcatur. Warungnya sederhana, bertuliskan Nasi Goreng Kambing Ayam Sapi Babat. Tulisan ‘Pak Beni”-nya kecil di pojokan.

Menu andalan tempat ini pastinya nasi goreng kambing, tapi nasi goreng babat juga boleh dicoba. Tempat ini tidak pernah sepi, dan banyak yang menjadi pelanggan setianya. Untuk nasi goreng kambing, porsinya terhitung banyak dan ramah di kantong.

 

5. Nasi Goreng Babat Mandiri

Masih di kawasan Gejayan, buat yang ingin nasi goreng babat ada Nasi Goreng Babat Mandiri. Lokasinya di Jl. Mozes Gatotkaca No.16, Mrican, Caturtunggal. Tempatnya hanya berbentuk tenda sederhana, namun jangan anggap remeh tempat ini.

Menu andalannya memang nasi goreng babat iso dengan pilihan tambahan telur dan pete. Babatnya diolah hingga empuk dan enak bikin ketagihan. Di sini juga ada babat gongso, dan buat yang tidak suka babat bisa memilih daging ayam.

 

6. Nasi Goreng Pak Jipo

Nasi goreng yang satu ini termasuk legendaris di Jogja. Lokasinya juga masih di sekitaran Jl Gejayan atau Jl Afandi, tepatnya belokan arah ke Jembatan Merah. Tempatnya juga sangat sederhana, namun selalu padat oleh pelanggan setianya.

Nasi Goreng pak Jipo ini cukup unik, karena bisa memilih pakai telur ayam kampung atau telur bebek. Tapi yang paling favorit di tempat ini adalah nasi goreng telur bebek, karena jarang ditemukan di tempat lain. Bukan sekedar jarang, namun perpaduan nasi goreng dan telur bebeknya mantap.

 

7. Nasi Goreng Kambing dan Sapi Pak Sular

Satu lagi nasi goreng kambing yang sangat populer di Jogja, ada Nasi Goreng Kambing dan Sapi Pak Sulat. Lokasinya di Jalan Atmosukarto, Kotabaru, tepatnya jika dari Kridosono ambil jalan sebelah Balai Pamungkas yang ke arah Jembatan layang. Nanti lokasinya ada di kiri jalan.

Tempat ini juga selalu ramai dipadati pelanggan, terutama pencari nasi goreng kambing. Karena rasa nasi goreng kambingnya juara, perpaduan aroma kambung dan merica yang khas. Perpaduan nasi goreng kambing, telur ceplok, dan emping mlijo yang mantap.

Meningkatkan tensi 🤒

A post shared by Algafhiqi S Mukti (@algamukti) on

 

8. Bakmi Pak Pele

Bakmi Pak Pele memang terkenal dengan sajian Bakmi Jawa, namun tenang di sini juga ada menu nasi goreng. Lokasinya sangat strategis, di pojok Tenggara Alun-alun Utara. Nanya orang juga gampang, karena sudah terkenal. Tinggal tanya di mana lokasi Bakmi Pak pele.

Karena terkenal enak, pastinya tempat ini selalui ramai dan antriannya panjang. Namun tenang, Bakmi Pak Pele ini buka dari sore hari hingga tengah malam. Menu yang rekomended di tempat ini adalah nasi goreng magelangan, atau nasi yang dimasak dengan mie.

A post shared by alfian Fadly (@fadly_alfian) on

 

9. Sate Kambing Pak Dakir

Ini memang warung sate kambing yang terkenal itu, namun ada juga menu nasi gorengnya. Di Sate Kambing Pak Dakir ini terkenal dengan Nasi Goreng Pliket. Lokasinya ada di Jl. HOS Cokroaminoto No.48, Pakuncen, Wirobrajan gak jauh dari Office-nya JogjaUpdate.

Nasi Goreng Pliket, ini bukan sembarang nasi goreng. Pliket sendiri artinya lengket, karena nasi gorengnya lengket. Ini dikarenakan nasinya digoreng dengan sumsum kambing yang pastinya mendongkrak rasanya. Kalau di menu sih tulisannya Nasi Goreng Butet (Pliket).

Baca: Rekomendasi Mie Ayam Di Jogja Dari Warganet

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like