Tips Membuat Daging Kambing Empuk

JogjaUpdate.com (31/8/17), Selain daging sapi, daging kambing juga menjadi primadona banyak orang. Bermacam resep yang nikmat dan lezat pun berbahan dasarkan daging kambing ini. Namun satu masalah dari daging ini, yaitu jika salah mengolahnya akan menjadi alot. Bagaimana cara membuat daging kambing empuk?

Permasalah daging kambing yang alot dan susah untuk dikunyak ini memang sering ditemui. Seperti yang dimuat Kompas.com (20/10/11), Chef Haryo Pramoe mengungkapkan daging kambing ini salah dalam pengolahan akan menjadikannya alot. Untungnya, ia juga membagikan tips membuat daging kambing empuk.

Ada dua cara yang bisa membuat daging kambing empuk, antara lain:

Daun Pepaya

Daun pepaya ini dikenal mengandung senyawa enzim yang bisa memecah protein daging, termasuk daging kambing. Agar mepuk, bungkus daging kambing dengan daun pepaya yang sudah diremas-remas sebentar. Kemudian biarkan selama 10 menit, barulah diolah menjadi masakan.

Nanas Muda

Buah ini juga memiliki senyawa enzim yang bisa memecah protein pada daging kambing. Senyawa ini akan membuat daging menjadi empuk, namun caranya berbeda dengan daun pepaya. Nanas mudah harus dilembutkan menjadi seperti jus dulu agar ekstraknya lebih mudah keluar.

Setelah itu lulurkan nanas muda ini ke kedua sisi daging kambing. Namun jangan biarkan daging terlalu lama terbungkus nanas muda ini, maksimal hanya 10 menit saja. Jika terlalu lama, akan membuat daging terlalu empuk dan mudah hancur ketika diolah menjadi masakan nantinya.

Baca: Ini Cara Mengolah Daging Sapi Jadi Empuk Dengan Daun Pepaya

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like