Kepelan Khas Klaten, Gorengan Unik Murah Meriah

JogjaUpdate.com (13/09/18), Kuliner khas klaten bukan cuma Sop Ayam Pak Min dan Ayam Panggang Khas Klaten. Namun juga ada Kepelan khas Klaten, sebuah gorengan unik yang murah meriah.

Kepelan ini dipopulerkan oleh warga Pedan, Klaten. Dari wilayah kecamatan Pedan atau tepatnya Desa Ciro, Kepelan khas Klaten ini lahir dan dipopulerkan.

Baca Juga: 7 Kuliner Di Klaten Yang Harus Kamu Coba

Apa itu sebenarnya Kepeplan ini? Kepelan khas Klaten ini adalah semacam camilan dari bahan sederhana yang di goreng. Atau bisa dibilang salah satu jenis gorengan.

Terbuat dari campuran bahan tepung gandum, bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan air. Semua bahan dihaluskan dan dicampur.

Adonan ini lalu dibentuk bulatan kecil kecil. Lalu setelah digoreng, bentuknya jadi menyerupai kepalan tangan. Dari sinilah nama Kepelan berasal.

Karena dari bahan yang mudah didapatkan dan cara buatnya sederhana, camilan ini dihargai cukup murah. Dengan uang Rp 5 ribu, kamu bisa mendapatkan satu tas kresek Kepelan khas Klaten ini.

Baca Juga: Ini Jajanan Khas Kotagede Yang Harus Kamu Coba

Kepelan ini cukup diminati, selain harganya yang murah juga rasanya yang gurih. Cocok sebagai teman minum teh hangat atau kopi di sore hari.

Lebih nikmat disantap saat masih hangat dengan lombok rawit atau cocolan saus sambal. Dinikmati sambil bercengkerama ngobrol dengan orang tersayang. Duh mantap!

Kepelan ini awalnya memang cuma beredar di wilayah Pedan saja. Namun seiring popularitasnya, kamu bisa menemukan di beberapa tempat. Terutama di Alun-alun Klaten.

 

Jika lewat atau mengunjungi Klaten janga lupa untuk menjajal seperti apa Kepelan ini. Karena sudah banyak yang ketagihan camilan satu ini.

Baca Juga: 4 Kuliner Gunungkidul Yang Harus Kamu Coba

Itulah tadi sedikit mengenal Kepelan khas Klaten yang butuh eksposure lebih agar bisa menasional atau go internasional nantinya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like