Ini 5 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

JogjaUpdate.com (27/5/17), Banyak yang hanya mengetahui kalau jahe cuma sekedar bumbu masakan saja. Atau cuma jadi bahan membuat minuman tradisional. Namun tahukah kamu kalau manfaat jahe bagi kesehatan itu banyak lho. Bahkan sejak lama jahe dipercaya bisa menyembuhkan banyak penyakit.

Berikut ini ada 5 manfaat jahe bagi kesehatan:

1. Melancarkan Peredaran Darah

Jahe ini dipercaya dapat melancarkan peredaran darah karena gingerol yang terkadung didalamnya bersifat antikoagulan. Hal ini dapat mencegah terjadinya penggumpalan dalam aliran darah yang biasanya menghambat. Dengan tidak adanya gumpalan darah ini, akan membuat alirannya menjadi lancar.

2. Mencegah Kanker

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jahe dapat bermanfaat untuk membantu meredam perkembangan sel-sel kangker dalam tubuh. Dari sejumlah studi mengungkapkan bahwa khasiat ekstrak jahe dapat untuk memerangi beragam jenis kangker. Diantarnya seperti kanker ovarium dan kanker usus.

3. Melancarkan Pencernaan

Jahe ini juga bisa digunakan untuk membantu melancarkan pembungan sisa makanan. Dengan begitu, dapat membantu penyerapan makanan dan mengurangi resiko sakit perut. Hal ini disebabkan karena jahe memiliki sifat untuk mengurangi peradangan yang sangat membantu.

4. Meredakan Mual

Tidah hanya melancarkan pencernaan, jahe juga memiliki senyawa kimia yang dapat menimbulkan efek positif di lambung dan usus. Efek positif ini diantaranya adalah meredakan rasa mual dan memberikan efek menyegarkan. Aroma yang dihasilkan jahe ini juga cukup menyegarkan sehingga menjauhkan dari rasa mual.

5. Meredakan Sakit Saat Menstruasi

Bagi para wanita, siklus menstruasi terkadang mendatangkan rasa sakit. Jahe ini bisa menjadi solusinya lho. Dengan mengonsumsi jahe dengan gula merah dalam teh, dapat mengurangi rasa kram yang terjadi pada saat datang bulan. Selain itu jahe juga menyegarkan badan sehingga kamu berasa lebih fit.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like