Kuliner Pasar Beringharjo, Boleh Lho Mampir Kalo Lagi Belanja

JogjaUpdate.com (25/4/17), Pasar Beringharjo memang lebih dikenal sebagai tempat berburu oleh-oleh dan berbelanja kebutuhan. Namun sapa tahu, di Pasar Beringharjo banyak tersembunyi kuliner yang layak dicoba. Berbagai kulier Pasar Beringharjo ini banyak yang telah melegenda di Kota Jogja ini.

Berikut ini daftar kuliner Pasar Beringharjo yang boleh kamu coba saat belanja:

1. Pecel Senggol Beringharjo

Yang ini merupakan kuliner terkenal di seantero Malioboro yang selalu ramai pembeli. Dinamakan Pecel Senggol karena makannya berdesak-desakan dan saling bersenggolan. Lokasi Pecel Senggol ini ada di sekitaran pintu masuk ke Pasar Beringharjo. Di sini, beberapa penjual pecel senggol menjajakan tiap pagi hingga sore.

Beragam paduan sayur mayur berwarna warni seperti orange wortel, hijau bayam dan kacang, hijau muda sawi, putihnya kol, memanjakan mata. Selain itu ada pula beragam lauk pendamping seperti tempe dan tahu bacem, sate telur puyuh, ayam goreng, lumpia, dan masih banyak lagi. Langsung coba saja Pecel Senggol Beringharjo ini sambil menikmati sensasi bersenggolan.

Pecel..kenapa kamu sungguh enak? #pakebakwan #ditraktirpulak #jogjaistimewa #pecelsenggol #beringharjo

A post shared by Merry Mone (@merrymone) on

 

2. Soto Bu Pujo

Di kawasan Pasar Beringharjo, dimana ada Soto Bu Pujo yang harus dicoba. Soto sapi racikan warung Bu Pujo ini khas Yogyakarta dengan kuah yang bening. Rasa kuah yang segar dan gurih langsung terasa saat mencicipinya. Perpaduan kaldu sapi dan bumbu rempahnya pas, rasanya ringan tidak berlebihan.

Sama halnya dengan Soto Pites Mbah Galak, Soto Bu Pujo ini juga legendaris di kawasan Pasar Beringharjo. Warung soto yang menempati Los H lantai dua Pasar Bringharjo ini telah ada sejak tahun 1955. Kalau ke sini, jangan lupa pesen es campurnya juga. Es campur ini menjadi penyempurna setelah menikmati seporsi soto.

#soto ayam #kulinerjoja

A post shared by wisnukuncoro (@wisnukuncoromurti) on

 

3. Soto Pites Mbah Galak

Namanya memang agak serem, Soto Pites Mbah Galak. Namun ternyata penjualnya nggak ada galak-galaknya, malah ramah. Apalagi soto ini termasuk yang legendaris di kawasan Pasar Beringharjo yang telah buka sejak tahun 1956. Namun memang dulunya soto ini dikelola oleh Mbah Harjo yang dikenal galak, namun sayang sama anak-anak.

Soto ini menggunakan daging sapi yang dikenal nikmat dan gurih dengan kuah bening yang segar. Lokasi soto ini berada di Pasar Beringharjo Lantai 1, Sisi Timur. Kalau tengah belanja di Pasar Beringharjo, sempatkan menjajal soto yang masih mempertahankan cita rasa dari Mbah Harjo.

 

4. Sego Empal Bu Warno

Lokasinya emang agak njelimet, ada di Los Timur lantai dua bagian food court. Ada dua penjual sego empal, kamu harus teliti cari mana yang namanya Sego Empal Bu Warno. Kalau masih belum percaya lihat lagi bagian bawah papan namanya ada tulisan ‘yang asli’

Empal Bu Warno ini rasanya manis gurih dan lezat, serta teksturnya super lembut di lidah. Belum lagi kalau dinikmati dengan sambalnya, super nikmat deh. Selain empal, coba juga Iso yang tidak kalah enak. Untuk harga memang makanan seperti ini agak merogoh kantong, tapi pasti maknyuss rasanya!!

 

5. Jajanan Pasar

Pasar Beringharjo ini juga sebagai surganya jajanan pasar, karena banyak jajan yang bisa kamu temui. Sebut saja Kue Mata Kebo, Bolu Emprit, Biskuit Jahe, Kethak Manis, Blondho, Growol, Gembili, Kempul, Uwi dan Suwek. Atau bahkan yang lebih mengenyangkan seperti Bakmi Pentil juga ada.

Kalian suka beli apa di Pasar Beringharjo? . . #javafoodie #jogja #jogjaeaters #pasarberigharjo #kulinerjogja

A post shared by Javafoodie // Kuliner jogja (@javafoodie) on

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like