Ini Cara Menyimpan Beras Agar Bebas Kutu dan Jamur

JogjaUpdate.com (11/03/18), Nasi adalah makanan pokok bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Tidak sedikit yang menyetok beras dalam jumlah banyak untuk waktu lama. Namun jika tidak berhati-hati menyimpannya, beras bisa berkutu dan berjamur. Lalu bagaimana cara menyimpan beras dengan baik?

Baca: Ilmuwan Kembangkan Padi Yang Bisa Tumbuh Di Air Asin

Untuk menyimpan beras dalam waktu lama, perlu diperhatikan kebersihannya agar terbebas dari jamur dan kutu. Jamur dan kutu yang bersarang dalam beras tentu saja akan mempengaruhi pada kualitas beras yang akan dikonsumsi. Beras yang berkutu dan berjamur tidak lagi memiliki rasa pulen dan bau setelah dimasak.

Dengan cara menyimpan beras yang baik, akan menjaga rasa dan kualitasnya. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan daun jeruk purut. Aroma khas dari daun jeruk purut ini sangat efektif dakan mengusir kutu beras.

Baca: Keramaian Warganet Bahas Nasi Padang Dibungkus Dan Makan Di Tempat

Caranya, tumbuk sekitar 50 gram daun jeruk purut lalu masukan ke dalam tempat penyimpanan beras. Selain dapat mengusir kutu, beras akan mengeluarkan aroma harum saat dimasak. Tumbukan daun jeruk purut ini juga tidak akan mempengaruhi rasa dan kelezatan nasi.

Selain menggunakan tumbukkan daun jeruk purut, kebersihan dari tempat penyimpanan beras juga harus diperhatikan. Jangan lupa untuk membersih tempat penyimpanan beras secara teratur. Mudahkan cara menyimpan beras agar bebas dari kutu dan jamur.

Baca: Kenapa Rumah Makan Padang Di Jogja Konsumennya Ngambil Sendiri Alias Prasmanan?

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like