Inilah Alasan Ilmiah Mengapa Kambing Berbau Prengus

JogjaUpdate.com (29/8/17), Kambing identik dengan baunya yang tidak sedap, atau sering disebut bau prengus. Ungkapan ini juga sering digunakan untuk orang yang bau badan karena malas mandi. Tapi apakah kambing tidak suka mandi lantas dia berbau prengus? Ternyata tidak, ada alasan imiah yang menjelaskan mengapa kambing berbau prengus.

Pada kambing, bau prengus tersebut selayaknya parfum untuk menggoda lawan jenis. Seperti yang dirilis Science, para ilmuwan Jepang mengungkapkan bahwa fungsi dari prengus kambing ini ada untuk melanjutkan keturunan. Penelitian lain juga mengungkapkan kalau bau prengus ini terkait dengan cara menarik pasangan.

Seperti yang dipublikasikan jurnal Current Biology, para peneliti mengumpulkan bau prengus yang keluar dari kambing jantan menggunakan penyerap gas khusus. Mereka membandingkan bau pada kambing jantan yang telah dikebiri. Kemudian senyawa dari bau prengus ini diisolasi untuk diuci secara bilogis yang disebut efek laki-laki.

Ternyata bau prengus pada kambing ini disebabkan oleh senyawa 4-etiloctanal. Saat senyawa ini disebarkan ke udara, berubah menjadi asam 4-etiloktanoat. Hasilnya menjadi bau prengus yang membuat manuas mual-mual dan jijik. Namun pada kambing betina, akan membuat reaksi hormonal berantai di otak dan memicu ovulasi.

Dengan kata lain, bau prengus tersebut membuat kambing jantan bisa unjuk gigi merebut perhatian bentina. Namun apakah cara ini bisa juga diterapkan bagi manisia yang ingin cari pasangan? Sepertinya tidak, dan sebaiknya tidak. Karena bau prengus bukanya menarik hati perempuan, tapi membuat mereka kabur.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like