Berapa Takaran Aman Konsumsi Kafein Setiap Harinya?

JogjaUpdate.com (25/4/17), Berapa cangkirkah konsumsumsi kopi kamu dalam sehari? Sebagai pecinta Kopi, kadang sering lupa memberikan batasan aman meminum kopi pada diri. Padahal perlu diketahui, takaran kafein yang dikonsumsi perlu diperhatikan agar tidak mengganggu kesehatan. Lalu berapa Takaran Aman Konsumsi Kafein setiap harinya?

Menurut sebuah studi terbaru, batas aman mengkonsumsi kafein adalah 400 miligram kafein atau sekitar empat cangkir kopi sehari. Namun takaran ini tidak berlaku bagi ibu hamil, yang tidak diperkenankan lebih dari tiga cangkir perharinya. Semoga takaran ini cukup untuk kamu.

Menurut sebuah temuah yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology, yang telah meninjau 740 studi tentang efek kafein pada manusia. “Kami menyimpulkan bahwa jika kadar asupan kafein tidak berlebihan, tidak ada efek samping bagi kesehatan,” kata penulis penelitian, Dr Eric Hentges, executive director of the International Life Sciences Institute (ILSI).

Berlebihan mengkonsumsi Kafein, dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh. Mulai dari kegelisahan, susah tidur, hingga gagal jantung. Tidak hanya itu, konsumsi kafein secara berlebihan pun dapat menimbulkan efek lainnya. Seperti memengaruhi kesehatan pada tulang, otak dan reproduksi.

Belum lagi, dalam artikel yang pernah kami publish, terlalu banyak asupan kafein bisa menyebabkan kematian. Sebenarnya tidak perlu ditakuti, asal mengonsumsi sesuai takaran yang dianjurkan. Dan perlu diingat, dalam segelas kopi ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jika disajikan dengan cara yang baik dan takaran yang benar.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like