Sering Tidak Disadari, Ini Tanda-Tanda Sakit Jantung

JogjaUpdate.com ~ Sering kali orang tidak menyadari munculnya gejala sakit jantung. Hal ini karena banyak orang kurang peka pada kondisi tubuh yang bisa jadi petunjuk sakit jantung. Lalu apa tanda-tandanya yang perlu diwaspadai?

Berikut ini tanda-tanda sakit jantung menurut yang dimuat WebMD (24/11/17):
1. Sleep apnea
Bila mengalami dengkuran dengan napas yang terputus-putus atau sering sleep apnea, sebaiknya waspada. Ini menandakan otak mungkin tidak mendapatkan cukup oksigen. Sinyal ini membuat pembuluh darah dan jantung bekerja keras agar aliran darah tetap mengalir.

2. Ruam kulit kekuningan
Tingkat trigliserida yang sangat tinggi dapat membuat kulit ruam di sekitar sela-sela jari tangan maupun kaki. Ini menandakan banyaknya lemak dalam darah yang mungkin berperan dalam mengerasnya arteri dan sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung juga stroke.

Baca juga:
Sering Begadang? Jebul Kurang Tidur Bikin Tambah Gemuk
Jebul Kebanyakan Duduk Juga Berbahaya Lho
Alami Kaki Kram Saat Tidur? Inilah Beberapa Penyebabnya
Penyebab Rambut Cepat Beruban

3. Kekuatan tangan melemah
Kekuatan tangan juga bisa menjadi tolak okur kekuatan jantung seseorang. Penelitian menunjukkan kemampuan memeras sesuatu berkaitan dengan risiko penyakit jantung.

4. Noda gelam di bawah kuku
Jika menemukan sedikit titik darah yang terperangkap di bawah kuku, bisa jadi ini menunjukan adanya infeksi pada lapisan jantung atau katup yang disebut endokarditis (infeksi lapisan dalam jantung).

5. Pusing
Pusing memang bisa jadi pertanda dari beberapa penyakit, termasuk salah satunya adalah masalah pada jantung. Pusing merupakan pertanda jantung tidak cukup darah.

Baca juga:
Jebul Dengan Melihat Alam Bisa Membuat Bahagia
Apa Itu Mata Silinder (astigmatism)? Ini Penjelasannya
Redakan Stress Secara Cepat Dengan Teknik Jepang Kuno
5 Aktivitas Sehari-hari Yang Ternyata Ampuh Bakar Kalori

6. Seks bermasalah
Pria dengan disfungsi ereksi bisa jadi memiliki masalah sirkulasi darah yang berkaitan dengan tekanan darah tinggi atau arteri sempit karena penumpukan kolesterol. Masalah ini juga bisa mengurangi libido wanita dan kemampuan menikmati hubungan badan.

7. Perubahan warna kulit
Berubahnya warna kulit di jari-jari tangan dan kaki menjadi kebiruan atau abu-abu bisa jadi karena sirkulasi darah yang buruk. Mungkin juga mengalami bercak darah di bawah kulit pada bagian dalam tangan dan telapak kaki saat menderita endokarditis.

8. Gusi berdarah
Penelitian menunjukkan, gusi berdarah dapat menyebabkan masalah pada jantung. Salah satu teorinya adalah bakteri dari gusi ikut masuk ke dalam aliran darah dan memicu peradangan di lever.

Baca juga:
5 Penyakit Yang Sering Menyerang Anak Kos
Jebul Jatuh Cinta Bermanfaat Bagi Kesehatan
Jebul Kebanyakan Gorengan Tiap Hari Bisa Picu Kematian Dini
Waspada, Ini 6 Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Banjir

9. Garis hitam di leher
Ditemukan garis hitam yang disebut acanthosis nigricans pada lipatan kulit dan lipatan leher, ketiak, dan selangkangan. Kondisi ini bisa membantu dalam mengetahui adanya masalah gula darah dan jantung.

10. Sesak napas
Sesak napas bisa jadi gejala gagal jantung, irama jantung abnormal, bahkan bisa serangan jantung. Segera periksakan ke dokter jika merasa sulit bernapas ketika berbaring. (241117/21)

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like