Jebul Jatuh Cinta Bermanfaat Bagi Kesehatan

JogjaUpdate.com (12/03/18), Rasa cinta bisa timbul dari siapa saja, kapan saja dan terhadap apa saja. Karena itulah, setiap orang pernah merasakan apa itu yang disebut jatuh cinta. Perasaan yang menimbulkan berbagai macam dampak positif.

Baca: Ini 3 Alasan Jatuh Cinta Yang Dijelaskan Secara Ilmiah

Pada umumnya, perasaan ini akan menimbulkan kebahagiaan bagi orang yang mengalaminya. Sampai ada yang menyebut “jatuh cinta berjuta rasanya”. Tidak hanya itu, ternyata menurut yang dimuat KlikDokter.com (12/03/18) bisa bermanfaat bagi kesehatan juga.

Berikut ini beberapa manfaat jatuh cinta bagi kesehatan:

1. Mengurangi rasa cemas

Ketika merasa jatuh cinta dan menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih, seharusnya rasa cemas akan berkurang. Hal ini diungkap oleh penelitian yang dilakukan State University New York. Disebutkan adanya pengaruh saat jatuh cinta pada aktivitas otak, yaitu memengaruhi zat kimia yang bernama dopamin.

Dopamin adalah zat yang berhubungan dengan rasa mendapatkan penghargaan. Seperti selayaknya mendapatkan gaji setelah bekerja dengan baik. Hal ini juga meminimalkan rasa cemas yang dirasakan.

Baca: Inilah Tanda-Tanda Seseorang Sudah Siap Nikah

2. Menurunkan stres

Selain dopamin, jatuh cinta juga memengaruhi hormon lain dalam tubuh seperti vasopressin, serotonin, kortisol, dan testosteron. Hormon oksitosin dan vasopressin berinteraksi dengan sistem dopamin yang menyebabkan seseorang merasa bahagia.

Sedangkan kortisol adalah salah satu hormon yang memengaruhi kadar stres. Ketika merasakan cinta, kadar koristol akan meningkat namun akan menurun seiring berjalannya waktu. Kadar koristol yang stabil dalam keadaan rendah karena ikatan hubungan perasangan dapat berdampak baik bagi kesehatan.

3. Meningkatkan sistem imunitas

Dengan turunnya rasa cemas, stres, dan depresi, akan merangsang sistem imunitas tubuh lebih baik. Menurut penelitian Carnegie Mellon University, seseorang memiliki emosi yang positif akan lebih jarang terserang flu. Karena itu, ketika jatuh cinta akan meningkatkan sistem imunitas, sehingga terhidar dari berbagai penyakit.

Baca: Benarkah Pasangan Yang Berjodoh Wajahnya Mirip?

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Dengan jatuh cinta, dipercaya dapat meningkatkan kualitas fungsi sistem saraf otonom tubuh yang mengatur kerja jantung. Sistem saraf simpatis di dalam tubuh yang mengatur respon stres juga terpengaruh ketika jatuh cinta. Dengan menurunnya respon stres, akan menurunkan tekanan darah dan frekuensi nadi.

5. Mempercepat perbaikan jaringan tubuh

Hubungan asmara yang baik juga dapat membantu dalam proses penyembuhan. Sebuah penelitian menemukan penyembuhan luka menjadi 2 kali lebih cepat pada pasangan yang memiliki hubungan baik dibandingkan pasangan yang memiliki banyak masalah.

Baca: Inilah 10 Tanda Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Itulah tadi berbagai macam dampak positif dari jatuh cinta bagi kesehatan. Pada intinya perasaan tersebut membuat orang menjadi lebih bahagia dalam menjalani hidup. Kebahagiaan tersebutlah yang akan membuat kita merasa lebih baik dan berdampak positif bagi kesehatan.

Bagi kamu yang telah memiliki pasangan, pupuk terus rasa cinta kalian agar terus merasakan bahagia. Yang belum punya pasangan, ya carilah.

Baca: Ketika Semua Temanmu Sudah Rabi, Begini Caranya Jadi Single Happy

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like