Alami Kaki Kram Saat Tidur? Inilah Beberapa Penyebabnya

JogjaUpdate.com (12/9/17), Kaki kram biasanya terjadi ketika melakukan gerakan yang tidak biasa dilakukan dengan tiba-tiba. Namun pernahkah mengalami kaki kram saat tidur? Mungkin pernah. Ternyata banyak orang yang juga mengalami kejadian tidak mengenakan ini.

Otot kami secara mendadak berkontraksi sehingga menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Tidak hanya menggangu dan menyakitkan, kaki kram saat tidur juga bisa jadi indikasi gangguan kesehatan. Apasaja sih penyebab terjadinya kaki kram ketika sedang tidur?

Inilah beberapa penyebab kaki kram saat tidur menurut yang dimuat Newsner (8/9/17):

1. Dehidrasi

Kekurangan cairan bisa mempengaruhi sirkulasi darah menjadi tidak lancar dan bisa menyebabkan kram otot. Ketika dehidrasi, tubuh akan memberikan prioritas pada organ vital. Sedangkan otot kaki yang dinilau kurang vital, akan mendapatkan lebih sedikit cairan. Inilah yang mengakibatkan kram pada kaki.

2. Dingin

Banya yang lebih menyukai untuk tidur dalam kamar yang memiliki suhu dingin. Suhu dingin memang lebih nyaman untuk tidur, namun jika terlalu dingin bisa memicu kram. Walaupun telah menyelimuti kaki, kadang kram masih bisa terjadi. Sehingga perhatikan lagi suhu kamar tempat kamu tidur.

3. Tidak Cukup Bergerak

Jika pekerjaan kamu seharian tidak membutuhkan banyak gerak, usahakan untuk tetap cukup bergerak setiap harinya. Karena ketika kamu kurang melakukan gerakan, risiko kaki kram saa tidur bisa meningkat. Latihan atau pemanasan ringat dapat meminimalisir risiko kaki kram di malam harinya.

4. Olahraga

Ketika badan kurang bergerak bisa memicu kaki kram, olahraga ternyata juga bisa berdampak sama. Apalagi kamu suda lama tidak berolahraga, lalu tiba-tiba melakukan olahraga berat. Pastinkan kamu melakukan pemanasan dan sesuaikan olahraga dengan porsi yang tepat.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like