Jebul Kecanduan Gadget Bisa Memicu Penuaan Dini

JogjaUpdate.com (30/04/18), Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah kecanduan gadget. Atau malah kamu sendiri yang kecanduan dan tidak bisa lepas dengan gadget. Bisa juga dengan orang-orang tersayang di sekitarmu, apakah mereka kecanduan gadget?

Baca: Kecanduan Video Game, Pria Ini Bercerai Dengan Istri

Kecanduan adalah salah satu dampak buruk dari semakin canggihnya teknologi gadget saat ini. Pekerjaan hingga kehidupan kita sudah semakin tergantung pada perangkat teknologi ini. Gadget dari smartphone, tablet, dan perangkat lain memang diciptakan untuk membantu manusia dalam berkegiatan.

Menurut onlymyhealth.com (17/10/17), kasus kecanduan pada perangkat gadget ini terus meningkat seiring waktu. Dari data tahun 2013, tercatat 79 juta orang menjadi pecandu gadget. Lalu data terakhir di tahun 2017, ada 176 juta pecandu gadget.

Disebutkan pula, ada serangkaian penyakit yang merupakan dampak dari kecanduan gadget. Salah satunya adalah yang disebut “Demensia Digital”, yaitu gangguan pada kemampuan memori untuk mengingat karena terlalu sering menggunakan gadget.

Baca: Jebul Mematikan Notifikasi HP Bisa Mengurangi Stres

Demensia sendiri adalah gangguan ini berdampak pada penurunan kemampuan fungsi otak dalam mengingat, berfikir, memahami sesuatu, mengambil keputusan, memahami bahasa, menurunkan kecerdasan mental. Hal-hal ini umumnya terjadi pada orang berusia lanjut.

Dengan kecanduan digital sejak usia muda, secara tidak langsung akan meningkatkan risiko demensia datang lebih awal. Atau dengan kata lain kecanduan ini memberikan dampak penuaan dini. Lalu apa yang bisa kita lalukan? Hidup tanpa gadget sama sekali?.

Hidup tanpa gadget sama sekali itu terlalu ekstrem. Yang paling masuk akan bisa kita lakukan adalah membatasi diri dalam penggunaan gadget. Bila perlu matikan gadget di momen-momen tertentu. Yang tidak boleh ketinggalan, tetap jaga kesehatan dengan olahraga dan konsumsi makanan bergizi.

Baca: Sibuk Main HP Saat Berduaan Dengan Pasangan Berpotensi Menimbulkan Konflik

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like