Jebul Bosan Bikin Ngantuk, Harusnya Sudah Tahu Sih

JogjaUpdate.com (01/05/2019), Pasti kamu pernah merasakan rasa bosan yang lama kelamaan membuat ngantuk. Kenapa bosan bikin ngantuk padahal sebelumnya nggak ngantuk?

Ternyata kenapa bosan bikin ngantuk ini bisa dijelaskan secara ilmiah lho! Hal ini terkait dengan sinyal-sinyal yang ada di otak.

Baca Juga : Dampak Buruk Kurang Tidur, Dari Pikun Hingga Telmi

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang melakukan percobaan pada tikus yang dipantau aktivitas saraf dan perilakunya.

Dari percobaan ini, diketahui kalau rasa bosan bisa merangsang otak untuk membuat kamu jadi lebih mengantuk secara tiba-tiba.

Dari penelitian yang dimuat dalam Nature Communications tersebut, menyebutkan hal ini terkait dengan bagian otak yang disebut nukleus akumbens.

Baca Juga : Bukan Kamu Saja, Kurang Tidur Juga Jadi Masalah Global

Bagian ini memiliki peran seperti tempat menerima informasi yang menyenangkan dalam otak serta mengatur jumlah hormon adenosin di dalam tubuh.

Hormon adenosin ini yang merangsang rasa kantuk dan akhirnya membuat kamu tertidur. Karena itu, hormon ini disebut dengan hormon tidur.

Ketika tidak ada yang menarik, akan berdampak pada nukleus akumbens tersebut. Bagian ini tidak menerima informasi yang menyenangkan sehingga kamu bosan.

Baca Juga : Jebul Tidur Dengan Kipas Angin Itu Tidak Sehat

Saat itu, kadar adenosin naik dan makin banyak di dalam tubuh. Karena itulah bosan bikin ngantuk secara tiba-tiba, bahkan hingga ketiduran.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like