Jebul Tidur dengan Kipas Angin itu Tidak Sehat

JogjaUpdate.com ~ Tak jarang kita mengalami malah hari yang panas dan gerah. Untuk itu, banyak yang menyalakan kipas angin karena tak punya AC. Sehatkan tidur dengan kipas angin?

Bahkan menurut yang dimuat Mirror, ada beberapa orang yang susah tidur kalau tidak mendengarkan suara kipas angin. Karena itu ia harus tidur dengan menghidupkan kipas angin.

Namun tahukah kamu, kalau tidur dengan kipas angin itu bisa membahayakan bagi kesehatan lho. Ini yang bilang ahli medis lho!

Dikutip dari LiveScience, Dr. Len Horovit, seorang pulmonologist di Lenox Hill Hospital, New York City, Amerika Serikat, yang mengungkapkannya. Menurutnya, tidur itu penting dan pastinya tak ingin mandi keringat saat tidur. Dan tidak ada yang salah dengan sirkulasi udara. Namun, tekanan angin seperti dari kipas angin dapat menguapkan kelembapan dari mulut dan saluran hidung. Bahkan bisa mengeringkannya.

Baca juga:
8 Barang yang Sebaiknya Ada di Kamar Kos
Jebul Sesekali Tidur Siang Itu Menyehatkan, Tapi Tidak Jika Setiap Hari
Kebanyakan Tidur Tidak Baik, Jebul Ada Penyakit Ini yang Mengintai
Jebul Bosan Bikin Ngantuk

Kipas angin juga bisa menyebarkan debu-debu yang mengganggu. Terutama bagi mereka yang memiliki alergi pada debu. Kebersihan kamar juga harus dijaga bagi mereka yang mengalami alergi debu. Tak maukan, debu bertebaran ketika kamu tidur.

Jika kamu harus tidur dengan kipas angin yang menyala, Dr. Len Horovit menyarankan untuk menjaga jarak aman. Dan tidak mengarahkan kipas langsung tubuh kamu.

Dr. Len Horovit juga menyarankan untuk melakukan perawatan saluran sinus harian dengan saline. Hal ini membantu hidung dari berbagai masalah. Selain itu, udara dingin juga bisa menyebabkan kontraksi otot. Misalnya udara di malam hari bisa menyebabkan leher kaku di pagi harinya.

Baca juga:
Jebul Posisi Tidur yang Baik Bisa Jadi Pengundang Keberuntungan
Pusing Saat Bangun Tidur? Ini Beberapa Penyebabnya
Cara Mudah Untuk Tidur Nyenyak
Bukan Kamu Saja, Kurang Tidur Juga Jadi Masalah Global

Jika menggunakan AC, Dr. Len Horovit tidak menyarankan jika tiupannya langsung mengenai tubuh kamu. Dan kamu harus menjaga suhu tidak boleh kurang dari 20 derajat Celsius.

Itulah bahaya tidur dengan kipas angin bagi kesehatan. Mending cari teman tidur lain, jangan kipas angin. (130119/24)

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like