Ini 4 Tips Tetap Sehat Saat Musim Hujan Tiba

JogjaUpdate.com (08/11/2018), Setiap musim hujan tiba, biasanya diikuti munculnya penyakit musiman. Dari yang ringan tidak menular, hingga yang menular pun ada.

Mulai dari masuk angin habis kehujanan hingga penyakit kulit menular pun bisa datang. Yang pastinya penyakit ini akan mengganggu keseharianmu.

Baca Juga: Waspada, Ini 6 Penyakit Yang Sering Muncul Setelah Banjir

Agar aktivitas tetap lancar dan kuat menjalani keseharian, kamu harus menjaga kondisi tubuh. Termasuk menjaga kesehatan agar tidak jatuh sakit.

Untuk itu, berikut ini ada tips tetapsehat saat musim hujan tiba dari Kementerian Kesehatan. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Jaga Pola Makan

Asupan gizi dan nutrisi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Kalau daya tehan melemah, tubuh kurang mampu melawan penyakit.

“Yang harus diprioritaskan adalah sarapan. Ini adlah kegiatanan makan dan minum dari bangun hingga jam sembilan pagi untuk memenuhi 15-30 persen kebutuhan gizi harian,” tulis Kemenkes dalam rilisnya.

Baca Juga: Pilih Jas Hujan Yang Tepat Untuk Kurangi Risiko Kecelakaan

Disarankan untuk mengonsumsi probiotik agar terhindar dari infeksi seperti flu dan diare. Contoh: yogurt, tahu, tempe, dan acar.

2. Olah raga

Olah raga bukan cuma untuk membakar lemak dan kalori, namun juga demi kesehatan. Olah raga berguna untuk mengaktifkan sel darah putih.

Sel darah putih ini menyediakan pertahanan yang cepat dan kuat jika bagian tubuh mengalami peradangan. Sehingga tubuh lebih kebal.

3. Jaga kualitas tidur

Tidur adalah waktu untuk mengistirahatkan tubuh yang berguna untuk pemulihan sistem anggota tubuh. Kualitas tidur lebih penting dari kuantitas tidur.

Baca Juga: Tips Mengamankan Smartphone Saat Musim Hujan

Tidur dengan cukup dan berkualitas dapat membuatmu tetap segar setiap waktu. Tetap segar, juga membuat tubuh lebih sehat.

4. Kelola stres

Musim hujan bisa berpengaruh dalam aktivitas keseharian yang bisa memicu stres. Dari terlambat ke kampus, kerja, dan lain-lain.

Ketika stres tiba, bisa berdampak secara fisiologis. Mulai dari gelisah, detak jantung meningkat, dan mudah lebih. Karena itu pentingnya mengelola stres.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Jas Hujan Berdasarkan Bentuknya

Itulah 4 tips tetap sehat di musim hujan dari Kementerian Kesehatan. Semoga berguna dan tetap sehat.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like