Jebul Mematikan Notifikasi HP Bisa Mengurangi Stres

JogjaUpdate.com (23/9/17), Perkembangan teknologi dan internet memberikan dampak positif maupun negatif. Dunia digital memudahkan orang dalam berkomunikasi, namun juga membelungku penggunanya melalui notifikasi HP. Dunia digital ini semakin dekat dengan kehidupan melalui smartphone yang selalu dibawa kemana pun perginya.

Sayangnya, konektivitas tanpa batas ini memiliki risiko yang cupuk tinggi untuk menimbulkan kecemasan, kelelahan dan stres. Hal ini dubuktikan oleh survei dari American Psychological Association (APA). Dalam laporan berjudul Stress in America: Coping with Change, APA melakukan polling pada 3.500 orang usia produktif di AS.

Peneliti menemukan bahwa 86% dari peserta masuk dalam kategori pemriksa konstan, yaitu rutin memeriksa email, mengirim dan membaca pesan masuk, memantau akun sosial media karena notifikasi HP yang selalu berbunyi. Menurut peneliti, hal ini memberikan tekanan besar dan kecemasan terutama pekerjaan yang seakan tiada henti.

Para peserta yang teridenitifikasi sebagai pemeriksa konstan memiliki tingkat stres rata-rata 5,3 hingga 6. Di mana 1 hampir tidak ada stres, sedangkan 10 ada dalam kondisi tertekan dan stres. Stres di atas 5 ditandai gejala susah tidur nyenak, kurang bergairah, jantung berdebar dan cemas setiap ada bunyi notifikasi HP, hingga mudah marah.

Menariknya, 65% dari responden mengatakan bahwa penonaktifan notifikasi HP berkala dan detoksifikasi digital penting dalam mempertahankan kewarasan mereka. Walaupun cuma 28% responden saja yang benar-benar melakukan hal ini. Lynn Bufka, Ph.D., direktur eksekutif asosiasi APA mengatakan pentingnya detoks digital.

Ditambahkannya, detoks digital ini adalah salah satu cara paling bermanfaat dalam mengelola stres terkait penggunaan teknologi. Walaupun tampaknya sulit, Bufka menyarankan untuk mematikan notifikasi HP pada saat-saat tertentu. Seperti ketika berada di gym, mengemudi, meinkmati makanan, 30 menit sebelum tidur, dan liburan.

Bufka juga menyarankan membuat jadwal cuti gadget secara rutin, setidaknya selama 1 hari di akhir pekan atau hari libur. Cukup mematikan notifikasi HP di saat-saat itu juga bisa menghindari dari kecemasan, kelelahan dan stres akibat pekerjaan. Yuk coba lebih bijak dalam penggunaan teknologi.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like