3 Hal Yang Membuat Sulit Kembalikan Semangat Kerja

JogjaUpdate.com (30/4/17), Weekend saat untuk beristirahat, refresing untuk mengembalikan semangat beraktivitas di hari Senin. Namun sayangnya, ketika hari Senin tiba semangat itu tidak kunjung datang. Libur weekend seolah tidaklah cukum untuk kembalikan semangat kerja. Kenapa ini bisa terjadi?

Hal ini diungkap Forbes yang bekerjasama dengan perusahaan konsultan karier, The Muse. Dijabarkan ada tiga alasan kenapa seorang kehilangan motivasi kerja dan terus melorot. Dan berikut ini beberapa hal yang membuat sulit kembalikan semangat kerja.

1. Lelah Emosional

Merasa lelah tapi masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan, kondisi ini biasanya dialami oleh para pekerja. Bahkan sekitar 70 perser orang di dunia kerja merasa secara emosional terputus dari pekerjaan, kantor, dan rekan kerja. Kenyamanan secara psikologis, menurut para pakar, merupakan kunci utama untuk menumbuhkan dan menebarkan sukses pada sebuah tim kerja.

Kesuksesan tim kerja sangat tergantung pada rasa dihargai secara personal. Jadi tidaklah melulu soal apresiasi akan kesuksesan. Rasa penghargaan ini tak hanya membuat karyawan jadi lebih bahagia, tetapi lebih produktif. Jika seorang karyawan lebih bahagia, kelelahan emosional pun bakal lebih teratasi dengan mudah.

2. Terlalu Ambisius

Kamu memiliki rencana yang disusun dengan tujuan kerja terbaik, namun realitanya cenderung sulit dicapai. Kamu bakal cenderung memaksa dan menyakindkan diri untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Namun apa yang terjadi? Kamu merasa letih berlebihan, baik fisik, pikiran, dan emosional.

Alhasil setelah mencapai tujuan yang ditentukan, secarah alamiah semangat pada tubuh dan pikiran akan terus menurun. Bisa-bisa kamu juga ikut kehilangan rasa percaya diri karena merasa kelelahan, yang akhirnya memang tidak bisa mengangkat semangat kerja. Liburan pun seolah-olah tidak mampu membangkitkan kembali semangat karena kehilangan percaya diri.

3.  Bekerja Terburu-buru

Banyak orang yang ingin cepat dalam meraih sukses, namun terburu-buru bisa berujung ke hal yang tidak diinginkan. Bekerja terburu-buru demi cepat mendapatkan hasil bisa menjadi bumerang, yang malah menyerang diri sendiri. Yang akhirnya malah menggerogoti semangat dalam mengerjakan pekerjaan tersbut.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like