4 Cara Mengusir Lalat Secara Alami

JogjaUpdate.com (29/5/17), Lalat bukan saja mengganggu suasana, namun juga datang membawa banyak penyakit. Apalagi serangga ini susak sekali hinggap di tempat-tempat kotor lalu hinggap dimakanan. Karena begitu mengganggu dan berbahaya banyak orang mencoba bergai macam cara mengusir lalat.

Berbagai macam cara mengusir lalat ini, dari menggunakan bermacam obat serangga berbahan kimia dan racun hingga cara alami. Obat serangga berbagan kimia memang efektif mematikan hingga mengusir lalat, namun berbahaya bagi kesehatan. Karena itulah sebaiknya mengusir lalat dengan cara alami dan tidak berbahaya.

Bagaimana caranya? Berikut ini ada 4 cara alami untuk mengusir lalat yang bebas racun dan ramah lingkungan:

1. Kantung Plastik Berisi Air

Cara ini banyak dijumpai dibeberapa warung dan restoran kecil di pinggiran jalan. Caranya isilah kantung plastik bening yang dengan air bersih hingga setengah penuh. Kembungkan plastik dan ikat mulut plastink dengan karet gelang, lalu gantungkan diatas makanan. Cara ini ternyata ampuh lho mengusir lalat.

Bagaimana cara kerjanya? Ternyata kantung plastik berisi air ini membiaskan cahaya sehingga membingungkan lalat. Seperti diketahui lalat terbang mengandalkan cahaya sebagai penentu arah mereka. Dengan membiaskan cahaya, maka lalat akan bingung arah tujuannya dan akhirnya memilih pergi.

2. Lilin

Selain kantong plastik berisi air, lilin juga sering digunakan di berbagai restoran dan warung untuk mengusir lalat. Panas yang dihasilkan oleh lilin ini tidak disukai oleh lalat. Sehingga lalat pun tidak mau terbang disekitaran lilin ini. Kamu bisa menggunakan lilin untuk mengusir lalat, namun harus diperhatikan peletakannya jangan sampai membahayakan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

3. Daun Kemangi dan Cengkeh

Ternyata beberapa wangi-wangian alami seperti daun kemangi dan cengkeh juga bisa menangkal kehadiran lalat. Kamu bisa meletakan setumpuh daun kemangi di tengah meja makan, bisa juga cengkeh. Aroma dari kemangi dan cengkeh ini akan membuat kabur lalat, dan kamu bisa bebas menyantap makanan.

4. Aroma Lavender

Selain Kemangi dan Cengkeh, aroma Lavender juga tidak disukai serangga seperti Lalat. Tanaman Lavender memang jarang ditemukan tumbuh di Indonesia, namun kamu juga bisa menggunakan aromanya dari beberapa produk rumah tangga. Seperti minyak lavender, cairan pembersih, atau penyegar ruangan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like