Tips Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau Dan Tetap Sehat

JogjaUpdate.com (1/9/17), Selain alot, kesalahan dalam mengolah daging kambing juga membuatnya menjadi berbau tidak sedap. Cara mengolah daging kambing agar tidak bau menyengat atau prengus memang tidaklah mudah. Namun tenang ada kok tips dan triknya untuk mengatasi hal ini.

Menurut yang dimuat tempo.co (28/8/17), pakar kuliner Arie Parikesit mengungkapkan daging kambing jangan sampai terkena air sebelum dimasak. Selain itu, ditambahkannya ada beberapa rempah-rempah dan bumbu yang membantu untuk menghilangkan aroma kuat pada daging kambing.

Diantaranya seperti Jahe, kunyit, kayu manis, cengkeh, dan bunga lawang bisa membuat daging kambing tak berbau. Selain itu, masih ada lagi beberapa bahan yang selain menghilangkan aroma tidak sedap, juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut ini ada beberapa bumbu yang bisa digunakan untuk mengolah daging kambing:

1. Bawang Putih

Menurut peneliti dari Peneliti dari Universitas Brigham Young, Utah, Amerika Serikat, bawang putih yang ditumbuk dan dicampur dengan minyak dapat mebunuh penyakit herpes dan flu. Bawang putih mengandung sulfur yang dapat melegakan saluran pernafasan serta membantu mengeluarkan lendir.

Bawang putih ini juga ampuh membantu menghalau bau prengus pada daging kambing. Namun juga ikut membuat rasa masakan jadi lebih enak.

2. Jahe

Jahe juga bisa digunakan sebagai penghalau bau pregeus pada daging kambing, karena aroma dan rasa pedasnya yang memberikan sentuhan khas. Selain rasa pedas yang menambah rasa masakan, jahe bisa mencegah masuk angin dan menyegarkan tubuh. Juga dapat mengobati sariawan, kerusakan pada gigi, migrain, dan mabuk.

3. Kunyit

Kunyit adalah bahan atau bumbu yang sering digunakan dalam masakan, selain memberikan warna canti juga menambah rasa. Selain dapat menghalau bau tidak sedap dari daging, kunyi juga memberikan dampak positif pada pencernaa, menambah nafsu makan, dan bisa mencegah kanker.

4. Tomat

Irisan tomat ini sering disajikan sebagai lalapan atau pelengkap olahan daging kambing. Selain itu juga jadi campuran dalam beberapa masakan berbahan daging seperti tongseng. Tomat ini juga dikenal kaya akan vitamin C dan A, sumber antioksidan, kaya akan serat, menambah nafsu makan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya bagi kesehatan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like