Mengenal Apa Itu Minyak Samin, Rahasia Kelezatan Masakan Timur Tengah dan India

JogjaUpdate.com (04/08/18), Pernahkah memperhatikan gerobak martabak yang terkenal pasti ada kaleng kuning bergambar onta. Iya, itu adalah salah satu Minyak Samin yang terkenal. Apa itu Minyak Samin?

Buat kamu yang bingung kenapa masakan Timur Tengah dan India seperti Nasi Kebuli atau Martabak memiliki cita rasa khas. Cita rasa yang sulit ditemukan dalam masakan Nusantara.

Baca Juga: Inilah Bagian Daging Kambing Paling Enak Menurut Pakar Kuliner

Jawabannya adalah Minyak Samin, minyak yang umumnya digunakan dalam campuran masakan tersebut. Minyak ini bisa membuat masakan jadi terasa lebih tajam.

Lalu apa itu Minyak Samin? Sebetulnya berasal dari Bahasa Arab samn. Tapi di India lebih dikenal dengan nama ghee. Yaitu semacam mentega yang terbuat dari lemak hewani yang dimurnikan.

Biasanya lemak yang digunakan berasal dari hewan seperti sapi, kerbau, kambing dan unta. Awalnya berasal dari India namun tersebar luas ke Timur Tengah hingga Afrika Utara dan masuk ke Indonesia.

Cara membuatnya cukup sederhana, namun butuh ketelatenan. Dari mentega tawar dimasak dalam panci dengan api kecil hingga semua air menguap dan tersisa endapan protein. Bagian yang cair dan jernih perlahan diambil dengan menyisakan bekuan protein susu di dasar.

Baca Juga: Ini Perbedaan Gula Jawa, Gula Aren, Dan Gula Palem

Berbeda halnya dari mentega, Minyak Samin tahan lama disimpan tanpa harus disimpan ke lemari es asalkan dimasukkan ke dalam kemasan kedap udara agar bebas dari uap air dan mencegah oksidasi

Di India, Minyak Samin tidak hanya digunakan dalam masakan saja. Namun dalam kepercayaan Hindu, minyak ini adalah minuman dewa dalam ritual persembahan. Selain itu, juga dipakai dalam pesta perkawinan, pemakaman dan memandikan murti.

Sedangkan di wilayah lain, minyak ini lebih banyak dikenal sebagai campuran masakan. Dan akhirnya terbawa masuk ke Indonesia bersama masakan Timur Tengah dan India.

Baca Juga: Rekomendasi 9 Nasi Goreng Di Jogja

Itulah tadi sekilas mengenai Minyak Samin yang jadi rahasia dibalik kelezatan masakan Timur Tengah dan India. Semoga berguna.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like