Cara Menyimpan Cabai Agar Awet Tahan Lama

JogjaUpdate.com (14/12/17), Cabai adalah salah satu bahan baku yang banyak digunakan dalam berbagai resep masakan. Cabai juga sebagai komoditi yang penting, karena ketika harganya melonjak bisa terjadi kegaduhan di masyarakat. Seringnya kegagalan panen cabai juga membuatnya langka di pasaran.

Karena pentingnya cabai, banyak yang mencoba menyetok banyak-banyak di dapur. Namun cabai tidak bisa bertahan lama dan harus segera digunakan sebelum membusuk. Adakah cara menyimpan cabai agar awet dan tahan lama? Agar tidak bingung lagi ketika cabai-cabai simpanan membusuk.

Tenang saja, ada kok cara menyimpan cabai yang membuatnya bertahan cukup lama. Bahkan cabai bisa disimpan lebih dari sebulan lamanya dan bisa digunakan dalam masakan. Bagaimana caranya? Menurut yang di postingkan akun Facebook usi.rosana yang dimuat vemale.com (11/10/17), berikut ini caranya:

  1. Pisahkan cabai dari tangkainya.
  2. Cabai tidak perlu dicuci, cukup dilap hingga bersih.
  3. Siapkan wadah tertutup dan lapisi bagian seluruh dalamnya dengan tisu kering.
  4. Masukan semua cabai yang ingin disimpan dalam wadah tersebut, pastikan tidak terlalu penuh.
  5. Masukkan 1 siung bawang putih yang sudah dikupas di atas cabai.
  6. Tutup wadah rapat-rapat.
  7. Masukkan dalam kulkas.

Sesekali, cabai boleh dibuka untuk melihat kondisinya. Jika tisu mulai basah, segera ganti dengan yang kering. Dan tidak perlu dimasukkan ke dalam frezer, cukup di kulkas bagian menyimpan sayur saja. Cara menyimpan cabai ini terbukti ampuh membuatnya awet lebih dari sebulan tanpa cacat dan bonyok.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like