Inilah Cara Cepat Mengatasi Kepedasan Karena Makan Cabai

JogjaUpdate.com (14/9/17), Tidak semua orang menyukai rasa pedas pada makanan. Jangan suka, beberapa orang malah tidak sanggup terkena pedas sama sekali. Bila terkena sambel atau cabai sedikit saja, sudah langsung buru-buru cari minuman untuk mengatasi kepedasan.

Beberapa orang pun, juga memiliki tingkat toleransi pada rasa pedas yang berbeda-beda. Karena tidak semua orang bisa menikmati sensasi lidah terbakar karena makanan pedas. Lalu bagaimana cara cepat untuk mengatasi kepedasan karena makan makanan pedas atau cabai? Berikut ini caranya:

1. Minum Susu

Menurut penelitian dari New Mexico State University Chile Pepper Institute, cara cepat mengatasi kepedasan adalah dengan minum susu. Dalam studinya, peneliti menemukan bahwa protein dalam susu bisa menggantikan senyawa kimia yang membuat cabai terasa pedas dan menimbulkan sensasi terbakar.

Susu diketahui memiliki kandungan protein tinggi yang bisa menggantikan senyawa capcaisin dari cabai yang membuat rasa pedas. Capcaisin yang menempel pada reseptor lidah, akan dengan cepat dihilangkan dan digantikan protein dari susu. Karena itulah susu menjadi pertolongan pertama menghilangkan rasa pedas dengan cepat.

2. Nasi atau roti

Nasi atau roti ini dapat menyerap rasa panas yang diakibatkan oleh capsaicinoid. Kedua makanan ini dapat meredakan rasa kepedasan di dalam mulut. Jika tidak ada roti atau nasi, bisa juga menggantinya dengan pisang yang sama-sama bisa meredakan rasa panas dalam mulut saat kepedesan.

3. Gula

Ketika mengalami kepedasan, rasa tersebut tidak akan langsung hilang hanya dengan minum air. Capsaicinoid berbahan dasarkan minyak dan tidak akan bisa hanyut karena air. Namun bisa diakali dengan mencoba konsumsi satu sendok teh gula utuh atau madu untuk menghilangkan rasa pedas.

4. Minuman Asam

Sama seperti gula, minuman asam seperti jus lemon dan jus tomat juga baik untuk mengatasi kepedesan. Asam yang terkandung dalam minuman tersebut dapat mengilangkan rasa pedas yang disebabkan oleh capsaicinoid. Kalau tidak ada, bisa juga dengan memakan buahnya langsung seperti jeruk atau irusan lemon.

5. Minyak Sayur

Capsaicin yang membuat rasa pedas dapat bisa dihilangkan dengan minyak sayur atau minyak zaitun. Minyak ini bisa digunakan untuk mencuci mulut serta menghilangkan rasa terbakar karena cabai. Akan lebih baik lagi jika minya ini dimasukan ke dalam lemari es terlebih dahulu supaya dingin.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like