4 Tips Membuat Sambal Makin Pedas, Tapi Tetap Enak

JogjaUpdate.com (11/10/2019) Sambal yang enak sudah pastinya harus pedas ketika disantap. Bagaimana cara membuat sambal makin pedas sepedas omongan netizen?

Pilihan cabai sudah pasti membuat rasa sambal akan berbeda, termasuk tingkat kepedasannya. Karena beda jenis cabai, beda pula level pedasnya.

Namun tergantung tipe sambal apa yang ingin kita buat. Karena tidak semua cabai akan cocok dengan jenis dan resep sambal.

Begitu juga dengan jumlah cabainya, makin banyak makin pedas. Tapi makin banyak cabai belum tentu makin enak dan sesuai dengan jenis sambalnya.

Namun dengan cara pengolahan yang tepat, kamu bisa membuat sambal makin pedas meski jumlah dan jenis cabainya sama.

Baca Juga : Cara Menyimpan Cabai Agar Awet Tahan Lama

Bagaimana caranya? Simak 4 tips berikut ini.

1. Biji cabai

Bukan cuma kulit cabai yang pedas, namun bijinya juga. Ketika mengulek cabai, pastikan bijinya juga ikut diuleg dengan baik.

2. Diuleg bukan diblender

Untuk mendapatkan cita rasa sambal yang enak dan pedas, ulekan adalah teman. Bukan blender, karena jika diblender membutuhkan bantuan cairan untuk memudahkan.

Biasanya yang digunakan adalah minyak. Padahal minyak akan mengurangi rasa pedas dari cabai. Namun jika harus diblender, gunakan cairan dari bahan-bahan sambal juga.

3. Dimasak atau mentah?

Sambal matang, biasanya dibuat agar awet. Umumnya cabai digoreng dulu, dikukus, atau direbus. Kalau resepnya dimasak dulu, ya mau tidak mau harus.

Sebenarnya, cabai segar yang diuleg bisa menciptakan rasa pedas yang segar. Dan cabai yang segar untuk sambal mentah umumnya lebih pedas.

Namun untuk bahan sambal lain seperti bawang merah, bawang putih, tomat, lebih baik dimasak dulu. Terasi umumnya dibakar dulu sebelum digunakan.

4. Gula

Rasa sambal yang enak bukan sekadar pedas, namun ada rasa lain yang meningkatkan cita rasa. Salah satunya gula, sebagai penyeimbang rasa sekaligus pengawet.

Tapi pemakaian gula harus diperhatikan, karena jika terlalu banyak malah membuat sambal manis. Makin enak jika gula dikombinasikan dengan garam.

Baca Juga : 5 Tips Mencegah Minyak Tak Meletup Saat Menggoreng

Itulah 4 tips membuat sambal makin pedas namun tetap enak untuk disantap.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like