Bisakah Oli Mesin Diganti Minyak Goreng? Ini Penjelasannya

JogjaUpdate.com (25/04/18), Sempat viral mengenai postingan penggantian oli mesin dengan minyak goreng. Beredar pula mengenai mitos minyak goreng bisa membuat mesin lebih halus. Namun bisakah oli mesin diganti minyak goreng?

Baca: Jangan Sembarangan Mencampur Oli Mesin, Bahaya

Dari postingan yang viral di social media tersebut mengklaim kalau minyak goreng dapat membuat mesin kendaraanya menjadi lebih halus. Ia juga menyertakan foto yang menunjukkan minyak goreng dituangkan ke dalam lubang oli.

Seperti diketahui, minyak goreng merupakan hasil pemprosesan senyawa kimia nabati. Sedangkan oli mesin pada umumnya berasal dari minyak bumi. Memang ada oli mesin full sintetik yang berasal dari minyak nabati, namun pemprosesannya berbeda dengan minyak goreng.

Oli mesin memiliki komponen yang berbeda dengan minyak goreng. Dalam pembuataanya, oli mesin telah melewati penyaringan dari unsur-unsur yang membahayan mesin seperti glycerid. Tujuannya meminimalisir kandungan sulfur agar mesin lebih stabil dalam menghadapi proses oksidasi.

Baca: Ini Masalah Yang Muncul Karena Telat Ganti Oli

Menurut Kompas.com (17/04/18) Juergen Gunawan dari Masyarakat Pelumas Indonesia (Maspi) menyebutkan oli mesin punya beberapa fungsi yang tidak dimiliki minyak goreng. “Pelumas tidak hanya berfungsi melumasi atau mengurangi gesekan, tapi juga menyerap panas, mencegah karat, dan membersihkan ruang mesin,” ungkapnya.

Jadi apakah bisa oli mesin diganti minyak goreng? Secara pelumas untuk mengurangi gesekan, bisa. Namun banyak dampak buruk lainnya yang membahayakan mesin. Dari kemampuan minyak goreng melindungi bagian dalam mesin dan penyerapan panas yang tidak sebaik oli mesin.

Belum lagi dampak residu atau kotoran yang tercipta dari penggunaan minyak goreng ini. Oli mesin juga dibuat dengan kemampuan membersihkan ruang dalam mesin. Jadi, sangat tidak disarankan untuk menggunakan minyak goreng sebagai oli mesin termasuk sebagai campuran.

Baca: Ini Ciri-Ciri Minyak Goreng Yang Baik

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like