Ini Cara Ampuh Mengatasi Mabuk Perjalanan

JogjaUpdate.com ~ Mabuk perjalanan menjadi salah satu gangguan seseorang yang bepergian jauh. Masalah mabuk perjalanan ini tidak hanya terjadi pada anak kecil saja, namun juga pada orang dewasa. Lalu bagai manacaranya mengatasi mabuk perjalanan yang menyebalkan ini?

Kadang kita temukan orang dewasa yang masih mengalami gangguan ini, terutama yang melakukan perjalanan darat. Menurut akun Instagram @infokesehatan_id, ada dua faktor penyebab seseorang mabuk perjalanan. Yaitu faktor anatomis, dan yang kedua adalah faktor psikis yang mempengaruhi ketika melakukan perjalanan.

Baca juga:
Tips Ampuh Bebas Tilang
Tips Atasi Anak Mabuk Perjalanan
4 Cara Sederhana Menghilangkan Rasa Malas
Jalani LDR? Ini 5 Aktivitas yang Bisa Dilakukan Meski Terpisah Jarak

Disebutkan orang yang penakut memiliki kemungkinan mabuk lebih besar daripada yang pemberani. Hal ini karena sistem keeimbangannya mudah terganggu sehingga ia menjadi rentan untuk terkena mabuk perjalanan. Untuk mengatasinya, berikut ini ada beberapa cara mengurangi gejalanya:

  1. Makanlah secukupnya sebelum perjalanan karena akan memperbaiki proses pergerakan dari saluran cerna, dan kurangi konsumsi makanan berlemak.
  2. Jangan merokok di dalam mobil atau dengan AC yang menyala.
  3. Istirahat setiap satu atau dua jam sekali, manfaatkan untuk makan atau sekadar menghirup udara segar.

Baca juga:
Jangan Salah Beli, Oli Mesin Motor Bebek, Motor Sport dan Motor Matic Itu Beda
Tutorial Cara Membuat Ketupat Dengan Mudah
4 Pengeluaran Yang Bisa Dihemat Saat Bulan Puasa
Penderita Buta Warna Parsial Kini Bisa Menikmati Warna Warni Dunia

Cara lain untuk mengatasi masalah ini adalah menjaga gaya mengemudi yang nyaman. Usahakan kendaraan berjalan konstan dan stabil, hindari akselerasi mendadak dan rem mendadak. Perhatikan juga aliran udara di dalam kendaraan, usahakan untuk mendapatkan saluran udara segar.

Itu tadi cara-cara yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah mabuk ketika melakukan perjalanan jauh. Jika dirasa masih belum cukup untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengkonsumsi obat anti mabuk yang direkomendasikan dokter. Alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat anti mabuk. (261217/21)

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like