Cara Mendeteksi Masalah Rem ABS Di Sepedea Motor

JogjaUpdate.com (29/5/17), Seperti yang kami bahas sebelumnya, sudah semakin banyak sepeda motor yang menerapkan teknologi pengereman dengan anti-lock braking system (ABS). Walaupun demikian, teknologi ini masih terbilang baru di sepeda motor. Jadi masih banyak yang belum tahu cara mendeteksi masalah rem ABS di sepeda motor.

Sebagian besar sepeda motor yang menerapkan teknologi ABS ini sudah memberikan indikator ABS di speedometer. Jika ada masalah atau gangguan pada ABS pasti indikator ini memberitahu pengendara. Masalah ini bukan berarti rem tidak bisa digunakan atau blong, namun rem akan bergungsi seperti rem standar pada umumnya.

Seperti yang diungkapkan Endro Setiaji, mekanik Honda Jawa Tengah yang dirilis Kompas. “Jadi sebetulnya, pabrikan sudah sangat membantu dengan sensor yang ada. Namun, walaupun ABS tidak berfungsi, maka fungsi pengereman akan berfungsi sesuai pengereman rem standar (tidak berarti rem akan blong),” ujar Endro.

Endro juga menambahkan kalau ada tanda-tanda lain yang bisa dijadikan parameter untuk mengetahui ada tidaknya masalah rem ABS. “Secara mekanis fungsi ABS sebetulnya bisa dirasakan, yaitu tuas rem terasa sedikit ‘mantul’ (ada kick back) yang menandakan ABS bekerja. Apabila tidak merasakan kick back, bisa segera di cek ke bengkel resmi,” ucap Endro.

Ditambahkan juga, teknologi rem ABS ini juga tidak memiliki batas umur tertentu. Walau demikian, rem dengan ABS ini juga tetap memerlukan perawatan secara berkala. “Cukup dilakukan perawatan berkala ke bengkel resmi dan melakukan penggantian oli rem periodik setiap dua tahun,” tutur Endro.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like