Ini Berbagai Jenis Lampu Mobil Yang Umum Digunakan

JogjaUpdate.com (15/05/18), Salah satu komponen penting dalam mobil adalah lampu. Komponen yang bertugas menerangi jalan bagi pengemudi ini banyak macamnya. Pernahkah kamu memperhatikan jenis lampu mobil yang digunakan?

Baca: Kenapa Kendaraan Bermotor Wajib Menyalakan Lampu Di Siang Hari? Ini Alasannya

Ternyata, ada beberapa jenis lampu yang digunakan untuk mobil. Jika dahulu hanya memakai bolam lampu biasa, kini sudah berkembang menjadi beragam jenis. Berikut ini beberapa jenis lampu mobil yang umum digunakan:

1. Halogen

Lampu jenis halogen ini yang paling umum ditemukan dan digunakan pada mobil. Jenis ini bekerja menggunakan filamen seperti layaknya lampu pijar. Filamen yang dialiri listrik berpendar menghasilkan cahaya terang. Lampu ini membutuhkan daya listrik sebesar 35 watt hingga 55 watt.

2. High Intensity Discharge (HID)

Berbeda dengan halogen, HID memanfaatkan gas Xenon di dalam tabung. Lampu ini memiliki intensitas cahaya lebih terang, tahan lama dan tidak membutuhkan daya besar. Umumnya HID hanya membutuhkan daya sekitar 35 watt. Namun kelistrikannya lebih rumit dan membutuhkan ballast sebagai menyeimbang.

Baca: Ini Tips Memilih Mobil Keluarga

3. Light Emitting Diodes (LED)

Jenis LED merupakan teknologi baru yang terus berkembang dan populer digunakan untuk mobil. Awalnya lampu LED hanya digunakan untuk menerangi plat nomor, namun kini digunakan sebagai lampu utama. Dibandingkan HID, lampu LED ini bisa lebih tahan lama dan lebih terang dengan daya listrik lebih kecil.

Lampu jenis LED ini juga memiliki beberapa varian lainnya. Yang umum digunakan di mobil antara lain LED Lumiled, LED Cree, dan LED COB. Dalam rangkaian kelistrikannya, LED tidak memerlukan ballast namun membutuhkan relay atau conversion kit.

Baca: Cara Pantau Kampas Rem Mobil Yang Menipis

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like