Ini Cara Mengetahui Kondisi Busi Masih Baik Atau Tidak

JogjaUpadate.com (10/05/18), Salah satu komponen yang sangat penting dalam sepeda motor adalah busi. Komponen yang ini harus selalu diperhatikan kondisinya apakah masih layak pakai atau tidak. Bagaimana cara mengetahui kondisi busi masih baik atau tidak?

Baca: Ini Yang Terjadi Kalau Telat Ganti Busi

Yang harus dilakukan untuk mengetahui kondisi busi masih baik atau tidak yaitu sepeda motor kamu punya busi, bukan sepeda listrik. Lalu kita lepas dahulu busi dari mesin. Untuk membuka dan melepas busi kamu memerlukan kunci khusus yang sering disebut kunci busi.

Kemudian setelah mencopot busi dari mesin, kita perhatikan warna dari busi tersebut. Berikut ini empat kondisi busi dilihat dari warnanya:

  1. Warna elektroda keclokatan atau merah bata, menandakan pembakaran optimal. Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan, dan busi masih bagus untuk digunakan.
  2. Warna elektroda menghitam. menandakan adanya campuran udara dan bensin yang tidak seimbang. Jika bensin lebih banyak, akan meningkatkan konsumsi bahan bakar, alias boros.
  3. Warna elektroda memutih, menandakan juga campuran udara dan bensin tidak seimbang. Namun warna putih ini, menunjukkan lebih banyak udara. Dampaknya, motor akan lebih cepat panas dan berpotensi merusak komponen lain dalam mesin.
  4. Warna elektroda menghitam dan blepotan oli, mengindikasikan oli masuk ke ruang bakar. Kondisi ini juga ditunjang dengan pertanda asap pembuangan yang berwarna putih. Hal ini biasanya disebabkan oleh kondisi ring piston yang memburuk atau ada baretan di liner piston.

Baca: Ini Penyebab Garansi Sepeda Motor Hangus

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like