Ini Ciri-Ciri Minyak Goreng yang Baik

JogjaUpdate.com (29/12/17), Minyak goreng menjadi salah satu bahan yang wajib selalu tersedia di dapur. Bukan goreng-menggoreng kalau tidak memakai minyak goreng. Beragam resep masakan juga menggunakan minyak goreng. Namun untuk mendapatkan gorengan yang terbaik, harus pula dengan minyak goreng yang baik.

Menurut yang dimuat Vemale.com (23/12/17), Dr. Reisa Broto Asmoro mengungkapkan kalau goreng-gorengan sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Sehingga untuk meminimalisir risiko berlebihan penggunaan minyak goreng, sebaiknya gunakan dengan jumlah takaran yang tidak terlalu banyak.

Baca: Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket Dan Hancur

Selain itu, pentingnya untuk menggunakan minyak goreng yang baik untuk meminimaliris risikonya. “Konsumen perlu tahu minyak goreng baik itu seperti apa,” ujar Dr. Reisa. Bagaimana caranya mengetahui minyak goreng yang kita gunakan baik atau tidak? Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Yang pertama, pastikan terbuat dari bahan yang berkualitas bukan dari bahan yang berbahaya untuk tubuh. Lalu minyak goreng yang baik memiliki titik didih yang tinggi, sehingga kalau digunakan untuk menggoreng tidak mudah mengalami oksidasi. Dari warnanya, pilih yang bening dan tidak cepat menghitam sehingga meminimalkan risiko kanker.

Baca: Ini Beberapa Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Menggoreng Telur

“Kemudian tidak mudah beku yang menandakan bahwa kandungan asam lemak jenuhnya rendah sehingga bisa meminimalkan peningkatan kolesterol jahat yang bisa berisiko buruk bagi tubuh kita. Lalu terakhir karakternya harus seperti air, yaitu tidak lengket dan mudah mengalir, tentunya yang harus sangat dikit nempel di makanan. Karena apabila terlalu menyerap di makanan, dikhawatirkan ini bisa menimbulkan risiko obesitas dan penyakit lainnya,” ujar Dr. Reisa.

Tidak hanya mengetahui seperti apa ciri-ciri minyak goreng yang baik, namun masyarakat juga perlu mengetahui cara memakainya dengan benar. Karena minyak goreng sebagus apapun, kalau digunakan dengan tidak benar dan berlebihan juga akan berisiko buruk bagi kesehatan tubuh.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like