Pusing Saat Bangun Tidur? Ini Beberapa Penyebabnya

JogjaUpdate.com (23/9/17), Pernahkan merasa sakit kepala atau pusing saat bangun tidur? Selain migrain, pusing juga sering terjadi di pagi hari saat bangun tidur. Sakit kepala ini tidak datang dengan begitu saja, pasti ada penyebabnya. Dengan mengentahui penyebabnya, kamu bisa menghindari hal ini terjadi lagi.

Seperti yang dimuat Kompas.com (22/9/17), Juline Bryson, MD, asisten profesor neurologi di Wake Forest Baptist Medical Center menjelaskan beberapa penyebab pusing saat bangun tidur. Berikut ini beberapa penyebabnya:

1. Jadwal tidur tidak teratur

Perubahan siklus tidur, bisa terlalu banyak atau terlalu sedikit, bisa meningkatkan risiko pusing. Jika tidur dan bangun lebih awal dari biasanya bisa menggangu hipotalamus, yaitu struktur di otak yang bertanggungjawab untuk tidur dan bangun. Hal ini dapat mempengaruhi besar kecilnya risiko migrain.

Jika kerap merasa pusing di pagi hari, coba jadwalkan jam tidur yang teratur setiap harinya. Atau usahakan jumlah tidur mencapai tujuh atau delapan jam semalam untuk beberapa hari ke depan. Juga dapat mengonsumsi suplemen melatonim sebelum tidur, yang telah terbukti mencegah sakit kepala.

2. Makanan pemicu sakit kepala

Ada beberapa makanan yang dapat memicu terjadinya migrain atau sakit kepala lainnya. Seperti segelas anggur merah atau makanan olahan secara berlebihan, ada kemungkinan terkena migrain. “Pada malam hari, tubuh berisiko lebih tinggi alami peradangan. Beberapa makanan, khususnya yang tidak sehat, dapat menjadi pemicunya,” katanya.

3. Kurang cairan

Pusing juga bisa gejala umum dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Pastikan minum cukup air sebelum tidur, karena pada beberapa orang, dehidrasi bisa memicu migrain. Apalagi jika minum alkohol sebelum tidur, maka risiko dehidrasi dan pusing saat bangun tidur akan meningkat.

4. Lupa Ngopi

Beberapa orang sangat menggemari minum kopi maupun mengonsumsi minuman berkafein. Jika lupa atau terlewatkan tidak mengonsumsinya, maka tubuh yang sudah terbiasa akan mencari-cari di mana kafein. Ini akan mengakibatkan pusing dan migrain karena kebiasaan mendapatkan asupan kafein.

5. Mendengkur

Jika seseorang yang tidak terkena migrain, tapi memiliki sakit kepala tipe tegang di pagi hari bisa jadi tanda apnea tidur. Atau jika mendengkur secara teratur, juga bisa menyebabkan sakit kepala. Carilah bantal terbaik yang bisa mengurangi risiko mendengkur. Jika mendengkurnya sudah parah, lebih baik berkonsultasi ke dokter.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like