Jebul Kopi Bisa Meningkatkan Teamwork

JogjaUpdate.com (11/06/18), Dalam pekerjaan, kita membutuhkan bantuna orang lain. Terutama yang bekerja dalam tim harus bisa menjaga kerjasama dengan rekan setim. Lalu bagaimana caranya meningkatkan teamwork?

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Kopi? Ngopi Sek Lek…

Ternyata, kopi bisa meningkatkan teamwork. Kok bisa? Selama ini memang kopi diakui bisa meningkatkan semangat kerja maupun mendongkrak energi. Tapi itu hanya terjadi pada orang yang meminumnya saja.

Bagaimana bisa kopi memengaruhi seluruh tim? Seperti dilansir Independent (10/06/18), kopi disebutkan dapat mendongkrak kualitas kerja tim.

Hal ini didapat dari penelitian yang dilakukan Ohio State University melakukan dua eksperimen yang melibatkan sekelompok mahasiswa dan menemukan bahwa mereka yang meminum kopi akan mendapatkan manfaat lebih.

Baca Juga: Jebul Ampas Kopi Bisa Mengusir Nyamuk

Studi ini dilakukan pada 72 orang, di mana setengah kelompok diminta meminum kopi dan setengahnya tidak. Setelah kafein mulai bekerja, mereka diminta untuk berdiskusi dengan topik kontroversial selama 15 menit.

Hasilnya, yang meminum kopi sebelumnya merasa kinerjanya lebih tinggi dibanding yang tidak. Menurut peneliti, ini disebabkan oleh kafein yang membuat peminum kopi lebih waspada.

“Kami menduga bahwa ketika orang lebih waspada mereka melihat diri sendiri dan anggota kelompok lainnya berkontribusi lebih banyak, dan itu memberi mereka sikap yang lebih positif,” ujar Amit Singh, salah satu penulis penelitian.

Peneliti menyimpulkan kalau mereka yang meminum kopi cenderung lebih fokus. Mereka juga mampu membicarakan pada hal-hal yang lebih relevan setelah minum kopi.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Banyak Perusahaan Lama Umumkan Hasil Wawancara Kerja

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like