Tips Membuat Secangkir Kopi Menjadi Lebih Bermanfaat

JogjaUpdate.com ~ Sudah ngopi belum lek? Semua tahu kalo secangkir kopi itu ada dampak negatif maupun manfaat positif. Bukan sekedar mambuat mata makin melek, namun dalam secangkir kopi memiliki manfaat yang lebih bagi kamu. Berikut ini ada tips membuat secangkir kopi menjadi lebih bermanfaat bagi kamu.

1. Hindari ngopi sebelum jam 9 pagi

Pada kondisi normal, tubuh menhasilkan Hormon Kortisol yang puncak tertingginya sekitar pukul 7 pagi setelahnya terus menurun. Hormon ini mampu membuat kamu lebih awas dan terjaga, selain itu juga memberikan tambahan energi dan mengendalikan stress. Kafein dapat memiju produksi Hormon ini secara berlebih dan membuat tubuh meningkatkan toleransi terhadap kafein.

Dampaknya terjadi peningkatan jumlah kafein yang dibutuhkan untuk membuat efek yang sama. Untuk itu minulah kopi setelah pukul 9 pagi, karena pada waktu itu kadar produksi Hormon Kortisol telah menurun di angka terendah.

2. Ketahui jumlah Kafein yang diasup

Pada kondsi normal, sekitar 400 mg Kafein atau setara secangkit kopi sehari dianggap sebagai takaran aman bagi mayoritas orang dewasa. Melebihi jumlah aman ini bisa memicu dampak negatif seperti tremor, sakit perut, jantung berdebar dan hingga insomnia.

3. Agar efektif mengusir kantuk

Secara normal, Kafein membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit untuk memberikan efek. Agar efek yang dirasakan lebih baik, cobalah untuk tidur selama 20 menit setelah minum kopi. Makan setelah kamu bangun kamu merasa lebih segar dan efek Kafein tersebut bekerja dengan baik.

4. Jangan menghalangi manfaat sehatnya

Diketahui kalau kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian terbaru menunjukan hasil, penimum kopi memiliki resiko lebih rendah dari kematian dini yang sibabkan oleh penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penyakit syaraf. Namun harus ingat kalo udah waktunya, ya mau bagaimana lagi.

5. Pendongkrak produktivitas

Kafein merupakan stimulan yang beracun namun bermanfaat banyak. Kafein bisa menyuntikan energi untuk meningkatkan produktivitasa kerja. Dengan secangkir kopi, kamu bisa mendapatkan pendongkrak energi. Namun sayangnya kopi tidak membuat kamu jadi lebih kreatif, hanya jadi lebih berenergi saja. (290217)

 

Sumber:

health.kompas.com/read/2017/02/28/170000923/agar.secangkir.kopi.memberi.manfaat

webkesehatan.com/waktu-terbaik-minum-kopi-pagi-hari/

alodokter.com/5-fakta-hormon-kortisol-yang-wajib-dibaca

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like