6 Kuliner Yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh Khas Kulonprogo

JogjaUpdate.com (26/2/17), Selain Gunungkidul, kini wilayah Kulonprogo juga tengah naik daun soal pariwisata. Kalau tengah berwisata di Kulonprogo, kira-kira apa ya oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang? Memang tidak banyak cenderamata yang bisa kamu bawa. Namun berikut ini ada 6 rekomendasi kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Kulonprogo:

1. Growol

Dahulu kala beras atau nasi merupakan makanan langka dan hanya kelas atas di Kulonprogo yang bisa menikmatinya. Untuk masyarakat biasa hanya menyantap Growol, yang merupakan olahan ketela atau singkong khas Kulonprogo. Aslinya growol ini berasa hambar sedikit gurih, namun kini telah banyak modifikasinya. Biasanya dihidangkan dengan Tempe Benguk dan srundeng.

Inilah salah dua makanan tradisional ketika aku masih kecil ??? #growol#tempebengok

A post shared by Dani (@danii.0_0) on

 

2. Besengek Tempe Benguk

Kalau tempe biasanya menggunakan biji kedelai, yang satu ini memakai Kacang Koro yang bijinya lebih besar. Kacang Koro juga sering disebut Benguk, karena itulah makanan ini bernama Tempe Benguk. Dimasak besengek dengan bumbu bawang merah, bawang putih, gula jawa, lengkuas, jahe, garam, ketumbar, daun sereh, santan encer, santan kental, dan daun salam selama 4 jam. Biasanya Besengek Tempe Benguk ini disajikan sebagai pendamping Growol atau Geblek.

Jajanan sore di Kulon Progo. #Tempebenguk

A post shared by Irma Restyana (@irestyana) on

 

3. Geblek

Makanan Geblek biasanya ditemukan di beberapa wilayah Jawa Tengah seperti Wonosobo. Namun Kulonprogo ternyata juga mempunyai makanan tradisional ini. Makanan berbahan dasar Tepung Tapioka atau Kanji basah yang digoreng ini juga banyak ditemukan di Kulonprogo. Biasanya disantam saat masih hangat-hangatnya, atau disajikan bersama Besengek Tempe Benguk.

Andhap asor, ngajeni marang parane liyan. Jessss #geblek #tempebenguk #geblekkp #explorekulonprogo #thejewelofjava

A post shared by Khairul Anwar (@khairulan_war) on

 

4. Enting-enting Jahe

Enting-enting Jahe ini memang tersohor sebagai oleh-oleh kudapan dari Kulonprogo. Kudapan ini terbuat dari campuran gula, kelapa,kacang, Wijen dan panili ini. Oleh-oleh khas Kulonprogo ini mempunyai rasa perpaduan pedasnya jahe dan manis, lalu diselingi gurihnya rasa Wijen.

enting enting jahe ? #jualpermen #jualentingenting #entingentingjahe #entingenting #entingentingjogja #jualjahe #jualpermenjahe

A post shared by Bakpiaku and Jogja Snack (@snack_foodies) on

 

5. Peyek Undur-undur

Kalau kamu mengunjungi kawasan pantai di Kulonprogo pasti kamu menemukan banyak penjual peyek Undur-undur. Terutama di Pantai Glagah, penjual peyek yang renyah dan gurih ini banyak berjajar di sana. Bahan utamanya jelas Undur-undur pantai, yang digoreng dengan tepung beras dan tepung kanji. Untuk bumbu, biasanya menggunakan kuah santan,bawang putih, kemiri, tumbar, garam, kencur dan daun jeruk.

 

6. Gula Semut

Ada Gula ada semut, namun kini adanya Gula Semut. Mungkin selama ini yang dikenal cuma Gula Pasir dan Gula Merah atau Gula Jawa. Di Kulonprogo ada yang disebut dengan Gula Semut, dinamakan demikian karena bentuknya seperti hamparan semut. Warnanya merah sama seperti Gula Jawa dan sama-sama terbuat dari Nira Pohon Kelapa. Namun Gula Semut ini berbentuk butiran kecil-kecil menyerupai semut.

Salah satu sentra produksi Gula Semut ini ada di Kawasan Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Gula yang masih di produksi secara tradisional ini layak kamu jadikan oleh-oleh dari Kulonprogo. Apalagi jika kamu mendapatkannya secara berburu di desa-desa langsung dari tempat produksinya.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like