Begini Cara Parkir Paralel Mobil dengan Benar

JogjaUpdate.com (04/12/2018), Buat pengemudi mobil pasti pernah merasakan susahnya cari lahan kosong untuk parkir. Pas dapat eh, harus parkir paralel mobil yang menyusahkan.

Terkadang parkir paralel membuat orang pusing, bagaimana caranya mobil bisa masuk di lahan yang sempit. Butuh skill khusus untuk bisa melakukannya.

Baca Juga: Parkir Di Turunan Atau Tanjakan? Begini Posisi Ban Yang Benar

Susah? Padahal, parkir paralel mobil mudah dilakukan. Asalkan dilakukan dengan hati-hati dan penuh konsentrasi. Apalagi bagi yang sudah terbiasanya melakukannya.

Parkir paralel mobil
Parkir paralel mobil

Agar lebih ahli dalam memarkirkan mobil, berikut ini trik dari Suzuki Indonesia.

Cari Area Kosong di Parkir Paralel

Jika Anda sudah menemukan posisi area parkir paralel yang kosong, langsung saja sejajarkan mobil Anda dengan mobil yang diparkir paling depan.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Knalpot Mobil Diesel Berasap Tebal

Kemudian, beri tanda sein agar pengendara di belakang atau di depan tahu jika Anda sedang bersiap-siap untuk memarkirkan kendaraan ke posisi area yang kosong.

Arahkan Kemudi Anda ke posisi Tempat Parkir yang Kosong

Ubah posisi tuas transmisi Anda ke posisi R dan berhati-hatilah ketika bermanuver, kemudian mundurkan kendaraan Anda ke posisi parkir yang kosong.

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi sekitar lewat kaca spion, agar bisa menghindari dari kecelakaan dengan pejalan kaki.

Baca Juga: Alami Ban Mobil Pecah Di Jalan? Ini Yang Harus Dilakukan

Selaraskan Posisi Kendaraan Anda dengan Kendaraan di Depan

Selesai menempatkan kendaraan di posisi parkir paralel yang kosong, kemudian selaraskan kendaraan dengan kendaraan yang ada di depan dan belakang.

Hindari berbenturan dengan kendaraan yang ada di depan atau belakang dan sisi jalan. Untuk lebih memudahkan Anda, mintalah bantuan teman, atau tidak tukang parkir.

Mengatur Posisi Ban dan Kemudi

Ketika sudah dalam posisi di dalam parkir paralel, yang perlu Anda lakukan yaitu mengatur posisi kemudi. Jika mobil berada di parkiran paralel yang menanjak, arahkan ban dan kemudi ke arah berlawanan dengan tepi jalan.

Namun, jika Anda berada di parkiran paralel yang menurun, posisikan ban dan kemudi ke arah mendekati tepi jalan. Setelah itu, langsung aktifkan rem tangan, matikan mesin kendaraan dan selesai.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Mengatur Barang Di Bagasi Mobil

Itulah cara parkir paralel mobil dengan mudah dan benar. Yang terpenting adalah hati-hati dan konsentrasi penuh. Juga perhatikan sekitar.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like