Ini Cara Mudah Merawat Celana Jeans

JogjaUpdate.com (19/5/17), Celana jeans banyak dimiliki dan dikenakan untuk berbagai kesempatan, bahkan sehari-hari. Tidak sedikit orang yang mempunyai celana jeans kesayangan, yang bisa dipainya setiap hari. Walau dikenal awet, namun kalau tidak dirawat celana jeans juga mudah rusak. Bagaimana cara merawat celana jeans dengan mudah?

Seperti yang dirilis Kompas.com, Country Marketing Head PT Levi Strauss Indonesia, Adhita Idris mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga jeans tetap bagus dan nyaman dipakai. Apa saja itu? Berikut ini tips mudah merawat celana jeans agar awet dan tahan lama:

1. Jangan Sering Dicuci

Jeans awalnya didesain sebagai pakaian kerja untuk para penambang emas di Pantai Barat Amerika saat demam emas tinggi. Bahan ini dirancang kuat dan tidak memerlukan banyak perawatan. Dengan kata lain, jeans tidak perlu sering-sering dicuci atau wash less. Adhita mengatakan kalau benar-benar kotor saja baru dilakukan pencucian.

Menurut label perawatan Levi’s, jeans sebaiknya dicuci paling cepat setelah 10 kali pemakaian untuk mempertahankan fit. Jika ada kotoran atau noda kecil, cukup dihapus menggunakan kain basah atau sikat gigi dengan sabun lembut. Cara ini membuat jeans tetap bagus tanpa harus mencucinya sering-sering.

2. Cuci Dengan Air Dingin

Bila memang sudah benar-benar kotor dan waktunya untuk mencuci, gunakanlah air dingin dan sabun lembut untuk mencuci jeans. Air dingin bisa menjaga warna tetap asli dan menghindari pemudaran juga penyusutan. Selain itu juga memang menghemat, karena tidak perlu susah-susah menyiapkan air panas.

Lebih baik mencuci jeans dengan tangan daripada mesin cuci dalam posisi dibalik, bagian dalam di luar. Tidak perlu menggunakan sikat gosok dan jangan meremdam terlalu lama, cukup 30 menit saja. Cukup dibasahi, kucek sebentar pada bagian kotor, lalu bilas. Jangan lupa kosongakan kantong dari barang, dan buka gulungan jika ada.

3. Keringkan Dengan Gantungan

Tidak dianjurkan mengeringkan jeans dengan pengering bersuhu panas, karena ini musuh utama. Lebih baik gantung jeans sampai kering untuk menjaga agar tetap fit dan menghindari penyusutan atau melengkung. Saat menjemur juga pada posisi dibalik, bagian luar di dalam. Agar bagian luar tidak terkena sinar matahari langsung, karena bisa pudar warnanya dan saku bisa benar-benar kering.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like