Parkir di Turunan atau Tanjakan? Begini Posisi Ban yang Benar

JogjaUpdate.com (29/08/18), Buat kamu yang mengendarai mobil, pasti pernah dalam situasi harus parkir di turunan atau tanjakan. Dalam situasi ini, kamu harus tahu benar posisi ban dengan baik.

Baca Juga: Tips Pengajuan Kredit Mobil Agar Diterima

Ketika di tempat datar, kamu bisa memarkirkan mobil dengan posisi ban lurus ke depan sesuai setir. Tapi tidak ketika parkir di turunan atau tanjakan.

Lalu, posisi ban seperti apa yang benar? Inilah jawaban menurut Suzuki melalui situs resminya:

Saat akan memarkirkan mobil di jalanan turunan ataupun tanjakan, posisi ban yang disarankan adalah sedikit di belokkan ke kiri maupun ke kanan.

Jika memarkirkan mobil di jalanan turunan, maka posisi ban yang paling disarankan adalah membelokkan posisi ban depan ke trotoar yang ada di sebelah kiri bodi mobil.

Baca Juga: Jangan Langsung Selfie Dan Update Status, Ini Yang Harus Dilakukan Jika Kecelakaan Di Jalan

Dengan posisi ban depan seperti ini, cengkraman ban akan lebih maksimal dan kemungkinan mobil nyelonong bisa diminimalisir.

Sebaliknya, jika memarkirkan mobil di jalanan yang menanjak, agar aman dan risiko nyelonong sendiri bisa diminimalir, membelokkan sedikit posisi ban bagian depan berlawanan dari sisi trotoar sangat disarankan.

Namun posisi ban di atas, akan lebih maksimal jika mobil memiliki fitur semacam Hill Hold Control.

Apakah Hill Hold Control itu?

Hill Hold Control (HHC) akan menahan kendaraan tidak meluncur di tanjakan atau turunan. Saat menanjak atau menurun dari posisi diam, fitur ini akan memberi jeda sekitar 2 detik supaya kaki pengemudi bisa melepaskan rem kemudian pindah ke tuas gas, sehingga mobil tidak akan langsung meluncur turun.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Knalpot Mobil Diesel Berasap Tebal

Itulah tadi posisi ban yang benar jika parkir di turunan atau tanjakan. Semoga berguna dan mobil kamu tidak meluncur begitu saja.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like