Ini Alasan Kenapa Knalpot Mobil Diesel Berasap Tebal

JogjaUpdate.com (11/08/18), Biasanya kalau kita ketemu mobil bermesin diesel, akan menyemprotkan asap tebal dari knalpotnya. Kenapa knalpot mobil diesel berasap tebal? Apakah semua mesin diesel seperti ini?

Ternyata asap tebal tersebut dihasilkan dari penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai. Kalau mesin diesel mendapatkan bahan bakar dan pengaturan yang tepat, asap tebal bisa diminimalisir.

Baca Juga: Pentingnya Seatbelt Bagi Penumpang Di Jok Belakang

Seperti diketahui, mesin diesel zaman sekarang menggunakan teknologi common-rail untuk mengatur penyemprotan bahan bakar dengan Engine Control Unit (ECU).

Teknologi ini digunakan untuk mengatur penyemprotan bahan bakar agar bisa sempurna, sehingga gas buang yang dikeluarkan knalpot lebih ramah lingkungan.

Dilansir Astra World, untuk memaksimalkan pembakaran dan performa mesin mobil diesel yang memakai common-rail seharusnya menggunakan bahan bakar yang berkualitas.

Baca Juga: 5 Kesalahan Yang Terjadi Saat Mencuci Mobil

Karena itu disarankan memakai bahan bakar dengan cetane 45, 51, atau 53. Ini akan menunjang kinerja mesin mobil diesel. Jika kurang, maka akan menghasilkan asap tebal dan getaran mesin berlebihan namun tarikan loyo.

Lebih parahnya jika bahan bakar yang tidak sesuai ini digunakan dalam jangka panjang. Ini bisa menyebabkan penyumbatan pada saringan bahan bakar hingga menyebabkan mobil diesel mogok.

Jika kamu memiliki mobil diesel yang mulai mengeluarkan asap tebal dari knalpot, sebaiknya segera membawa ke bengkel resmi untuk mendapatkan servis.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Menyalakan Lampu Hazard, Gunakan Saat Darurat

Dalam servis, injektor dan dinding ruang bakar harus dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran. Sehingga ruang bakar bisa kembali bersih untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Menggunakan bahan bakar dan melakukan perawatan rutin adalah kunci penting dalam menjaga performa mesin. Juga untuk menjaga emisi gas buang tetap bersih.

Baca Juga: Jangan Salah Beli, Ini Tips Pilih Ban Mobil

Itulah dia penyebab mengapa mobil diesel keluarkan asap tebal. Semoga bermanfaat.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like